Baznas Tana Tidung Ajak Masyarakat Muslim Tunaikan Zakat Fitrah Lebih Awal

by Isman Toriko

AJAK MASYARAKAT: Ketua Baznas Tana Tidung Ahmad Syamsuri Abdillah mengajak masyarakat khususnya umat muslim untuk membayar zakat fitrah lebih awal

TANA TIDUNG,MK – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tana Tidung mengajak seluruh masyarakat khususnya yang beragama muslim, untuk menunaikan zakat fitrahnya lebih awal.

Ketua Baznas Tana Tidung Ahmad Syamsuri Abdillah mengajak masyarakat untuk membayar zakat fitrah lebih awal. Sebab, zakat tersebut akan segera didistribusikan kepada penerima zakat atau mustahik.

“Kami mengajak masyarakat membayarkan zakat fitrahnya lebih awal, karena zakat tersebut akan kami distribusikan lebih awal,” kata Syamsuri usai acara KTT Berzakat, Senin (10/4).

Di mana katanya, zakat yang telah di kumpulkan tersebut akan disalurkan oleh Baznas seperti yang telah ditentukan syariat dan sesuai perundang-undangan yang berlaku di negara kita ini.

“Seluruh zakat itu akan kita berikan kepada mereka, dalam bentuk distribusi langsung. Karena jika masyarakat berzakat mendekati Idul Fitri membuat petugas Baznas kesulitan dalam pendistribusiannya nanti,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan.

Zakat juga sebagai salah satu rukun Islam yang setelah ditunaikan akan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (Asnaf).

“Zakat itu artinya membersihkan, baik harta maupun jiwa mereka yang berzakat,”ungkapnya.

Diakuinya, kadar zakat tersebut kini dibagi menjadi tiga golongan meski berat timbangan 2,5 kilogram. Namun, dibagi menjadi tiga kategori guna mengikuti harga beras yang ada di pasaran. Kategori pertama dengan nilai Rp 42.500, kategori kedua Rp 40.000 dan kategori ketiga Rp 35.000.

“Selain zakat fitrah juga ditetapkan kadar fidyah yang dapat digantikan dengan uang yang senilai dengan makanan yang dikonsumsi dengan nilai minimal Rp 30 ribu rupiah per jiwa per hari,”pungkasnya. (rko)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.