Bertabur Hadiah Bankaltimtara Tana Tidung, Gelar Semarak Belanja Ramadan

by Isman Toriko

TRANSAKSI: Pembelian takjil di UMKM menggunakan pembayaran digital DG Qris Bankaltimtara.

TANA TIDUNG, MK– Bekerjasama dengan beberapa pihak diantaranya Masjid Agung At,taqwa beserta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bankaltimtara Kantor Cabang Tana Tidung menggelar Semarak Belanja Ramadan atau Sembara.

Sembara digelar di halaman masjid Agung At,Taqwa dipenuhi dengan stand-stand yang sudah diisi oleh para pelaku usaha dan UMKM. Dalam transaksi pembelian di setiap stand warga harus menggunakan pembayaran digital menggunakan aplikasi DG Qris Bankaltimtara.

Darmawan Pemimpin Bidang Layanan dan Operasional Bankaltimtara KC Tideng Pale mengatakan, bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa pihak untuk bisa menggelar acara Sembara tersebut.

“Jadi ada 28 stand pelaku UMKM yang ada di sini, baik takjil dan berbagai macam makanan serta kain-kain batik dan sebagainya,” kata Darmawan saat diwawancarai Media Metro Kaltara, Kamis (23/3).

Untuk transaksi pembayaran ia mengatakan menggunakan transaksi digital salah satu nya DG Qris. Selain itu dalam acara tersebut bukan hanya kuliner namun juga ada perlombaan seperti lomba adzan, lomba poto dan ada sembako murah dan semuanya menggunakan transaksi DG Qris.

“Untuk pasar murah sembako ada subsidi dari Bankaltimtara, gula dan minyak hanya Rp 20 ribu. Khusus pasar murah ada 300 paket sembako yang disiapkan dan kita adakan selama 3 hari dari tanggal 23-27-29 Maret 2023,” jelasnya.

Sedangkan untuk lomba adzan tanggal 25-26 Maret 2023. Dan lomba poto challenge dan kesemua perlombaan tersebut mempunyai hadiah yang nanti diserahkan melalui tabungan pemenang.

“Tujuan utama kegiatan ini untuk menyemarakan bulan Ramadan dan juga meningkatkan perekonomian, sehingga penjual-penjual bisa tersentralisasi di satu tempat dan rencana kegiatan ini akan berlangsung satu Minggu ke depan,” ungkapnya.

Menurutnya, di Kabupaten Tana Tidung jarang ada tersentral tempat pasar ramadan. Sehingga Bankaltimtara mencoba mengadakan Sembara tersebut.

“Di situ nanti juga bagi penjual dengan transaksi terbanyak juga akan mendapatkan hadiah dengan total hadiah satu juta untuk tiga orang pemenang,” katanya.

Selain itu, untuk pembeli juga ada undian setiap dua orang setiap harinya, minimal belanja Rp 50 ribu dan kuponnya dimasukan di tempat yang sudah disiapkan.

“Ini juga ada hadiahnya, setiap hari untuk dua orang pemenang dan akan diumumkan setiap sore hari,” tukasnya.

Bahrun salah satu pengunjung saat ditemui Media Metro Kaltara mengungkapkan, bahwa ia sempat kaget dengan alat pembayaran yang dilakukan para pedagang.

“Tadi mau bayar pake uang langsung, kata penjualnya pake DG Qris dikasi taulah keunggulannya. Kebetulan saya belanjanya di atas 50 ribu lebih jadi ada kupon nya dan itu dimasukan ke dalam tempat yang ada,” katanya.

Ia pun kagum karena menurutnya, transaksi menggunakan DG Qris memang simple dan tidak ribet sehingga warga tidak harus repot lagi menggunakan uang tunai.

“Saya pribadi senang karena penggunaan DG Qris ini kan cukup simple dan ini bisa kita gunakan di transaksi apa aja di KTT. Di pasar maupun di toko bisa gitu kan jadi sebagai warga mendukung pembayaran tanpa pembayaran tunai,” pungkasnya. (rko)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.