BPK Goes to Campus di UBT Hadirkan Ketua BPK RI

Senin, September 16th 2019. | Advertorial, Tanjung Selor

KULIAH TAMU : Wakil Ketua BPK, Prof Bahrullah Akbar menjadi narasumber utama pada kuliah tamu di UBT, beberapa waktu lalu.

TARAKAN, MK – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyelenggarakan kegiatan BPK Goes to Campus di Universitas Borneo Tarakan (UBT), di Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), Jumat (13/9). Mengusung tema “BPK dan Keuangan Negara” acara yang merupakan rangkaian dari Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Peresmian Gedung Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltara ini, menghadirkan Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar sebagai narasumber utama.

Dalam kegiatan yang dikemas dengan kuliah umum tersebut, Wakil Ketua BPK menjelaskan mengenai profil singkat BPK, yaitu tentang kedudukan BPK sebagai Lembaga Negara, tugas dan wewenang BPK, visi dan misi, tujuan strategis dan nilai-nilai dasar, serta struktur organisasi BPK.

Wakil Ketua BPK mangatakan, BKP merupakan lembaga negara bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab atas keuangan negara, sebagimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Melalui pemeriksaan yang berkualitas, BPK mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara.

“BPK mendorong agar pengelolaan keuangan negara transparan dan bertanggung jawab, tetapi kalau di dalam pemeriksaan itu ditemukan adanya tidak pidana korupsi, maka diserahkan ke aparat penegak hukum,” ujar Barullah Akbar.

Selain itu, dalam paparannya, Bahrullah Akbar juga menjelaskan, BPK bagian dari 4 pilar lembaga tinggi negara. Pilar pertama adalah Eksekutif, yaitu presiden. Pilar yang kedua Legislatif, yaitu Majelis Permusyawaratan Rakyar (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Pilar ketiga Yudikatif, yaitu Mahkamah Konstitusi (MK), Mahkamah Agung (MA) dan Komisi Yudisial (KY). Dan yang terakhir, pilar keempat Audikatif, yaitu BPK.

“BPK menjadi check and balance antara kepentingan eksekutif dengan legislatif dan yudikatif. Jadi, jika ada perselisihan maka BPK memberikan arahan dalam bentuk balancing of power di bidang keuangan,” ungkapnya.

BPK Goes to Campus bertujuan sebagai sarana untuk menyampaikan informas mengenai tugas dan fungsi wewenang BPK secara langsung kepada akademisi UBT, kota Tarakan khususnya dan masyarakat umumnya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin dialog yang positif antara BPK dan akademisi sebagai langkah awal bersama-sama mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

Sebagai informasi, selain Wakil Ketua BPK, kegiatan yang dibuka oleh Prof. Dr. Drs. Adri Patton salaku Rektor UBT dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Kaltara, H Udin Hianggio, serta para Bupati dan Walikota se-Kaltara. (humas)

tags: , ,

Related For BPK Goes to Campus di UBT Hadirkan Ketua BPK RI