Dirut Garuda Indonesia Dicopot

by Muhammad Reza

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan mencopot Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Pencopotan dilakukan usai terungkap kasus penyelundupan motor Harley-Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus A330-900 NEO.

Erick mengatakan pencopotan itu dilakukan usai mendapatkan kesaksian baru yang berasal dari dokumen komite audit dan komisaris. Dokumen menguatkan bukti bahwa motor Harley-Davidson tersebut adalah milik direktur utama Garuda Indonesia.

“Dengan itu saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan Dirut Garuda,” kata Erick Thohir di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

Erick menjelaskan Ashkara secara sistematis melakukan penyelundupan motor ini. Ia menginstruksikan seseorang untuk mencari motor Harley-Davidson klasik pada 2018 lalu.

Saat motor sudah didapat, pembayaran lantas dilakukan melalui transfer banking ke Finance Manager Garuda Indonesia di Amsterdam pada April 2019.

“Ini proses secara menyeluruh di BUMN. Bukan individu, menyeluruh,” pungkas dia. (red/medcom)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: