Kaltara Bersiap Hadapi Revolusi Industri 4.0

by Muhammad Reza

TANJUNG SELOR – Revolusi Industri 4.0, membawa banyak perubahan. Baik perubahan cara hidup, bekerja dan lainnya. Revolusi Industri juga memberikan kesempatan untuk berinovasi. Dari itu, masyarakat harus terus-menerus meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilannya sesuai dengan kebutuhan era industri 4.0. Ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) H Udin Hianggio saat memimpin Hari Nusantara ke-19/2019 di Lapangan Ahmad Yani, Tanjung Selor, Senin (9/12).

HARI NUSANTARA : Wagub Kaltara, H Udin Hianggio saat memimpin peringatan Hari Nusantara ke-19, Senin (9/12).

Penyampaian tersebut, sejalan dengan tema yang diangkat tahun ini. Yakni, Revolusi Industri 4.0 Dalam Bingkai Wawasan Nusantara. “Salah satu langkah dan strategi Pemerintah untuk menghadapi era industri 4.0 adalah dengan meluncurkan program Making Indonesia 4.0 yang merupakan peta jalan (Roadmap) yang terintegrasi. Bahkan presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Making Indonesia 4.0 pada 2018,” jelas H Udin.

Dengan roadmap itu, diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri nasional di kancah global, serta dapat menjadikan Indonesia sebagai 10 besar ekonomi dunia di 2030. “Kini, sudah saatnya industri bahari dan ekonomi kreatif bidang kelautan didorong untuk menjadi salah satu lokomotif perekonomian nasional,” urainya.

Pada peringatan kali ini, dirangkaian pula dengan penyerahan secara simbolis Sertifikat Tambak, penyerahan simbolis kartu KUSUKA (Pelaku Usaha Bidang Kelautan dan Perikanan), dan Sertifikat Kelayanan Pengelolaan.(humas)

Related Articles