Kasus Bertambah, Keluarga Pasien 01 Positif Covid-19

by Supriyadi Rodrigers

TARAKAN, MK – Pasien Positif Covid-19 di Kota Tarakan bertambah 1 Orang. Total kasus positif Covid-19, Minggu (19/04/2020) di Kota Tarakan sebanyak 21 Orang.

Satu pasien positif tersebut merupakan keluarga dari pasien kasus konfirmasi positif 01 berinisial M (Perempuan 79 Th) Kelurahan Pamusian RT 03 yang sudah dinyatakan sembuh. Hal ini di sampaikan langsung oleh Juru Bicara Covid-19 Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti melalui Press Release Harian.

“Hal ini didapatkan dari hasil swab yang di kirimkan ke Balitbangkes Surabaya, hasilnya 1 sampel terkonfirmasi positif covid-19. Berinisial AN (Laki-Laki 42 Th), Sehingga total kasus positif Covid-19 di Tarakan menjadi 21 Orang.” Kata Devi.

Dia menjelaskan pasien positif tersebut merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang berada di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan yang menjadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Provinsi Kalimantan Utara.

“Pasien tersebut selama ini berada di ruang isolasi RSUD Tarakan dan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) karena memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi positif 01. Selain itu juga Saudara AN memiliki hubungan keluarga dengan pasien 01” ujarnya

Saudara AN dinyatakan Positif berdasarkan hasil tracking kasus pasien M dan sudah dilakukan Rapid Test sebelumnya, hasil pertama di nyatakan negatif dan kedua Positif.

“Saat ini pasien tersebut sedang dilakukan tracking oleh petugas kesehatan. AN juga merupakan hasil tracking konfirmasi positif 01, dan sudah dilakukan RDT, hasil pertama negatif dan kedua Positif.” Jelasnya

Hingga saat ini tercatat, Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 2 orang, sedangkan Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 180 Orang.

“PDP ada 2 Orang dan masih menunggu hasil, sedangkan ODP sebanyak 180 orang. Pantauan yang dilakukan oleh Puskesmas sesuai wilayah tempat tinggal ODP sebanyak 62 orang dan ODP yang selesai menjalani pantauan sebanyak 118 orang yang dinyatakan sehat serta mendapatkan surat keterangan sehat dari puskesmas” Tambahnya

Sementara itu, Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 288 orang. OTG adalah orang yang tidak bergejala namun memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi positif Covid-19.

“Dari 288 orang, dipantau 167 orang dan selesai di pantai 21 orang” tutupnya (*SR25)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: