Kebijakan Bebas Visa Bagi Warga Tiongkok Dihentikan Sementara

by Muhammad Reza

Presiden Joko Widodo

Jakarta – Indonesia menghentikan sementara kebijakan bebas visa bagi warga negara Tiongkok. Keputusan ini diambil Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas dengan menteri Kabinet Indonesia Maju di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrivals untuk warga negara Tiongkok yang bertempat tinggal di Mainland China untuk sementara dihentikan,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai rapat terbatas dengan Presiden di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu, 2 Februari 2020.

Pemerintah juga meminta penerbangan langsung dari dan menuju Tiongkok ditunda sementara sejak Rabu, 5 Februari 2020, pukul 00.00 WIB. Semua pendatang yang tiba dari Tiongkok untuk sementara tidak diizinkan masuk dan transit di Indonesia.

“Pemerintah meminta warga negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke Mainland China,” ujar Retno.

Sebanyak 238 WNI dan 5 tim Aju KBRI dari Wuhan, Tiongkok, sudah tiba di Natuna, Kepulauan Riau, dengan selamat. Mereka akan menjalani observasi selama 14 hari.

Observasi juga akan dilakukan kepada 42 tim penjemput WNI. Total 285 orang yang akan menjalani observasi di Natuna. Semua WNI dipastikan dalam keadaan sehat. (medcom)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.