Berhadapan Dengan Hiu Macan, Ahim Terpaksa Hentikan Aksinya Taklukkan Laut Pulau Maratua-Kakaban

by Supriyadi Rodrigers

Foto Ibrahim Rusli saat berenang di laut Maratua-Kakaban, pagi tadi (02/02/2020)

TARAKAN, MK – Aksi Ekspedisi Perenang Tunggal antar dua pulau antara Pulau Maratua menuju Pulau Kakaban tidak berhasil di lakukan Ibrahim Rusli.

Keputusan Ahim, sapaan akrabnya, tersebut disebabkan kemunculan binatang buas jenis hiu macan pada jarak 5 kilometer (km) yang sedang memangsa ikan tongkol di daerah sekitar.

Dalam aksinya Ahim sudah berenang dari dermaga Maratua sejak Pukul 06.25 WITA. Namun, Saat berenang sejauh 3 kilometer aing melihat sekelompok Hiu Macam berada di disekitarnya.

Sontak ahim berhenti dan langsung berteriak kepada tim pendamping yang terus mengawalnya sejak awal. “Hiu, hiu” Teriak Ahim saat masih berada di permukaan air laut

Usai berteriak, Ahim dengan cepat langsung mendekati speed Pengawal sambil berkata “Kalian di atas cepat ada hiu”

Tim pengawal dengan sigap mendekati Ahim dan langsung menariknya dari permukaan air.

Usai berada di atas speed ahim meminta untuk kembali ke dermaga. “Sudah terlalu berisiko ada hiu di depan, kita kembali saja ke dermaga” kata Ahim

Saat di temui oleh awak media, Ibrahim Rusli atau biasa di sapa Ahim ini mengatakan bahwa dirinya melihat sirip hiu berada tepat di depan matanya.

“Waktu saya masih di permukaan air, tiba-tiba ada sirip hiu muncul, walaupun yang terlihat cuman satu tapi kemungkinan pasti masih ada sekelompok hiu lagi.” Kata aing saat di wawancarai”

Sebelumnya ahim sempat mendengar dari warga setempat, bahwa ada hiu yang tinggal di sekitaran perairan antara Pulau Maratua dan Pulau Kakaban.

Dari informasi yang di dapatkan dari warga setempat, Herdi menjelaskan memang benar di kawasan perairan Pulau Maratua dan Pulau Kakaban terdapat sekelompok hiu macan yang tinggal.

“Di sini memang ada Hiu Mangali (sebutan warga Maratua), hiunya tergolong ganas dari hiu lainnya yang ada”

Menurut keterangan dari warga, pada musim seperti ini memang banyak hiu di sekitaran Perairan pulau Maratua dan Pulau Kakaban.

“Ini memang musimnya, Musim Utara mereka (hiu) naik, tapi kalau musim Selatan tidak ada” katanya Herdi

Sementara itu, Camat Maratua, Marsudi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Ibrahim Rusli bagi kecamatan Pulau Maratua.

“Walaupun Ndak sampai pulau kakaban, tapi ini sudah suatu prestasi yang luar biasa, memang masalah hiu selama ini itu yang sudah di khawatir kan selain kondisi cuaca” kata Camat Maratua

“Kami sendiri warga sini tidak berani melakukan aksi nekad seperti yang di lakukan Ibrahim ini” tambah Camat Maratua

Selanjutnya, kata Camat Maratua, jika ada kegiatan serupa yang di lakukan Ibrahim Rusli, camat Maratua akan menyediakan empat buah armada kapal yang akan di pasangkan jaring untuk melindungi si perenang.

“ada juga hewan yang sama bahayanya Hiu, seperti Barakuda yang biasanya memangsa hewan yang berada di atas permukaan” tutupnya (*SR25)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.