Mobile PCR Lab Bisa Tampung Sampel dari Kaltim

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK – MOBILE PCR Lab yang dipesan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) disebut mampu melakukan uji swab 500 hingga 1.000 sampel per hari. Alhasil, perangkat ini dinilai mampu menampung sampel kiriman dari wilayah Berau hingga Sangatta, Kalimantan Timur (Kaltim). Ini disampaikan Sekretaris Dinkes Provinsi Kaltara Andreas Baso, Kamis (12/11).

Menurutnya, selain dapat melakukan uji swab dalam pemeriksaan covid-19, Mobile Lab PCR juga dapat digunakan untuk pemeriksaan penyakit seperti HIV, Demam Berdarahm TBC dan penyakit menular lainnya. ā€œJadi pengadaannya tidak mubazir. Sebab, jika pandemi covid-19 mulai meredah bisa digunakan untuk pemeriksaan penyakit menular lainnya. Ya, kalau untuk sekarang karena situasinya masih pandemi, Mobile Lab PCR lebih difokuskan untuk pemeriksaan covid-19,ā€ katanya.

Keberadaan Mobile PCR Lab sangat penting, karena bisa lebih cepat membantu mendeteksi pasien yang terpapar Covid-19, sehingga keputusan semakin cepat juga untuk melakukan isolasi atau merawat pasien yang terpapar virus dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

Ia pun berharapkan, dengan hadirnya Mobile Lab PCR dapat mempercepat penanganan Covid-19 di Provinsi Kaltara.(humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: