Pasien Covid-19 di Indonesia Mencapai 60 Ribu

by Redaksi Kaltara

JAKARTA – Jumlah pasien positif korona (covid-19) di Indonesia bertambah 1.301 orang dalam sehari. Sehingga, total pasien positif hingga Jumat sore, 3 Juli 2020, mencapai 60.695 orang.

Penambahan kasus ini berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM). Pasien sembuh bertambah 901 orang dalam sehari. Total pasien covid-19 sembuhper data sore ini menjadi 27.568 orang.

“Kita patut bersyukur,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Jumat, 3 Juli 2020.

Kasus pasien covid-19 meninggal bertambah 49 orang menjadi 3.036 korban jiwa. Kemudian, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) hingga hari ini sudah mencapai 38.767 orang. Lalu, kasus pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 13.609 orang.

Virus ini telah menyerang 34 provinsi dengan total 453 kabupaten di Indonesia. Yurianto menyebut masih banyaknya kasus menunjukkan virus korona masih ada di tengah warga tanpa disadari. Ia mengajak seluruh masyarakat waspada dan menjaga diri agar tidak tertular.

“Jangan sampai kita tertular dan makin banyak yang tertular dan kemudian harus masuk ke rumah sakit, maka beban layanan rumah sakit akan semakin berat,” ujar dia.

Yurianto mengajak seluruh masyarakat memutus penyebaran covid-19. Caranya, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menggunakan masker, serta menerapkan etika bersin dan batuk.

“Kita harus bersinergi dari pusat ke daerah, RT, dan RW. Ini harus kita lakukan,” tegas Yurianto. (medcom)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: