Pemprov Tambah 33 Titik Wifi Gratis

by Muhammad Aras

Infografik

TANJUNG SELOR, MK – Sebanyak 33 titik Wireless Fidelity (Wifi) gratis Kaltara Terdepan dan 5 titik jaringan Mangoesky dialokasikan tahun ini.  Jaringan Mangoesky nantinya digunakan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kaltara.

Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie mengungkapkan, hingga saat ini wifi gratis Kaltara terdepan yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltara terdapat 118 titik. “Pada tahun 2017 ada 67 titik, dan tahun 2018 terdapat 51 titik yang tersebar di area public dengan kecepatan up to 20 Mbps,”kata Gubernur didampingi Kepala Diskominfo Kaltara, H Syahrullah Mursalin.

Disampaikan Gubernur, tahun ini Pemprov Kaltara kembali bekerjasama dengan operator telekomunikasi nasional (PT Telkom,Tbk) dalam mengalokasikan tambahan 33 titik wifi gratis Kaltara Terdepan dengan kecepatan yang sama.

Upaya ini dilakukan Pemprov Kaltara dalam melakukan pemerataan konektifitas internet untuk seluruh masyarakt Kaltara. Disebutkan, Pemprov Kaltara mengalokasikan anggaran sebesar Rp 208 juta untuk 33 titik baru. Jumlah itu belum termasuk alokasi anggaran perpanjangan sewa 51 titik yang sudah ada sebesar Rp 4087 juta selama 1 tahun melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Selain itu, pemprov melalui Diskominfo Kaltara berencana memasang 5 titik Very Small Aperture Terminal (VSAT) Mangoesky pada tahun ini dengan alokasi anggaran Rp 120 juta yang dikhususkan di SMA dan SMK, guna menunjang pelaksanaan UNBK.

“Sampai saat ini dari 5 titik rencana tambahan jaringan mangoesky, sudah ada 3 usulan yang sudah masuk dan di setujui oleh Gubernur Kaltara, masing-masing di SMA Negeri 1 Sebuku, Kab. Nunukan, SMA Negeri dan SMK Negeri Kab. Tana Tidung sedangkan untuk 2 kuota masih menunggu berdasarkan usulan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara,” jelasnya.

Untuk diketahui, VSAT Mangoesky sudah terpasang di Kaltara sebanyak 17 titik. Belum termasuk yang dikelola BAKTI. Kendati demikian, 2 titik VSAT Mangoesky juga ada yang telah dikelola oleh BAKTI, yakni SMA Negeri 1 Krayan, dan SMA Negeri 1 Krayan Selatan, Kabupaten Nunukan. (humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: