Penyaluran BLT Dana Desa Diperpanjang Hingga Desember

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK ‚Äď Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) berencana memperpanjang penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa hingga Desember 2020.

Jika pada tahap¬†I¬†besaran nilai BLT yang diterima Rp 600¬†ribu, maka dipastikan pada tahap kedua dan selanjutnya mengalami pengurangan besaran menjadi Rp 300¬†ribu.¬†‚ÄúPengurangan ini dilakukan karena nantinya terdapat program pemulihan ekonomi,‚Ä̬†kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kaltara, Amir Bakry.

Amir mengungkapkan, untuk realisasi¬†tahap¬†II¬†sedang dalam proses penyaluran. Sedangkan tahap¬†III¬†(Oktober-Desember) masih menunggu dasar hukum pelaksanaannya. Seperti diketahui, penyaluran BLT Dana Desa tahap¬†I¬†yang digelar sejak April hingga Juni lalu telah tersalurkan semua.¬†‚ÄúUntuk kepastian pelaksanaannya (tahap 3) masih menunggu aturan teknisnya, itu langsung dari Kemendes-PDTT,‚Ä̬†kata¬†Amir.

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes-PDTT) No. 7/2020 sebagai perubahan kedua atas Permendes-PDTT No. 11/2019 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2020, mengatur tentang perpanjangan realokasi penggunaan Dana Desa dalam bentuk BLT, atau yang lebih dikenal dengan BLT-DD.

Dikatakan¬†Amir,¬†di Kaltara¬†sendiri,¬†ada desa yang masyarakatnya menolak menerima BLT lanjutan dan lebih memilih agar dana tersebut dialihkan untuk program lainnya.¬†‚ÄúDesa Balansiku di Kecamatan Sebatik,¬†Kabupaten Nunukan, berdasarkan hasil musyawarah meminta agar dana BLT lanjutan dialihkan untuk program lainnya,‚ÄĚ katanya.

REALISASI 100 PERSEN

Berkaitan dengan¬†realisasi Dana Desa,¬†Amir menjelaskan, untuk Kabupaten Bulungan, Nunukan, Tana Tidung¬†realisasi Dana Desa¬†tahap¬†I¬†dan¬†II¬†sudah 100 persen, tinggal menunggu pencairan tahap¬†III. Sedangkan untuk Malinau tahap¬†I-nya sudah selesai,¬†tinggal menunggu tahap¬†II¬†karena Malinau¬†cuma¬†ada 2 tahap.¬†‚ÄúSaat ini pencairan¬†Dana Desa¬†tahap¬†III¬†sedang berproses karena masih menunggu laporan realisasi tahap¬†I¬†dan tahap¬†II¬†sebagai syarat untuk pencairan tahap¬†III. Untuk tahapannya,¬†hampir sama dengan yang dilaksanakan¬†pada¬†2019 yang berbeda hanya persenannya,‚Ä̬†tutupnya.(humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: