PMI Kaltara Berikan Dukungan Peralatan Penanganan Covid-19

by Muhammad Aras
TANJUNG SELOR, MK ‚Äď Sejak ditetapkannya tanggap darurat bencana non alam atas pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ikut serta mengambil bagian dalam upaya pencegahan penularannya. Mulai dari mengedukasi masyarakat, juga dengan aktif memberikan promosi kesehatan, baik dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, dengan menggunakan media sosial (Medsos) PMI Kaltara bersama PMI kabupaten/kota se-Kaltara.PMI Kaltara juga telah menyalurkan 2 buah alat penyemprotan disinfektan kepada PMI Kabupaten Nunukan. Mengingat daerah tersebut memiliki tingkat kerentanan yang lebih tinggi, sebab memiliki jalur pelabuhan internasional yang aktif serta adanya pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bermasalah¬†atau deportasi. Di¬†saat bersamaan, PMI Kota Tarakan juga telah melakukan upaya penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah ibadah dan fasilitas umum secara mandiri. Demikian disampaikan Ketua PMI Kaltara,¬†H Syaiful Herman didampingi Sekretaris PMI Kaltara¬†Risdianto.

Dikatakan Syaiful,¬†PMI Kaltara juga mendapatkan bantuan dari PMI Pusat untuk penanganan pencegahan Covid-19 di Kaltara. Diantaranya¬†sprayer 15 pasang, kacamata 15 pieces (pcs), baju hazmat 30 pcs, sarung tangan 15 pcs, virkon 20 buah, sepatu boot 5 pasang, dan masker.¬†‚ÄúBantuan ini akan disalurkan ke PMI kabupaten/kota se-Kaltara, dengan mengutamakan zona wilayah penyebaran Covid-19, sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas PMI kabupaten/kota, letak geografis dan jumlah penduduk.¬†Rencananya bantuan tersebut akan diserahkan paling lambat 1 April 2020,‚ÄĚ ungkap Syaiful.

Syaiful berharap¬†bantuan awal dari PMI Pusat ini bisa secara maksimal dimanfaatkan oleh PMI kabupaten/kota. Dimana PMI juga merupakan anggota/bagian dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di daerah masing-masing.¬†‚ÄúPMI Kaltara bersama dengan PMI kabupaten/kota¬†juga¬†terus melaporkan kegiatan yang telah dilakukan sejak awal Februari¬†lalu. Hasilnya,¬†oleh¬†PMI Pusat,¬†PMI Kaltara mendapatkan dukungan dan perhatian khusus dalam membantu penanganan Covid-19 di Kaltara,‚ÄĚ tutupnya.(humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: