Tingkatkan Kerjasama Dagang dan Investasi Dua Wilayah Perbatasan

by Redaksi Kaltara

Rahman Putrayani Saat Menyampaikan Paparan.

Tarakan, MK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) turut menghadiri pertemuan bilateral antara Kerajaan Sabah dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara di Kota Tarakan pada 10-12 Oktober 2022.

Kunjungan tersebut dalam rangka misi dagang dan investasi Kerajaan Sabah ke Kaltara. Rombongan dipimpin langsung oleh Timbalan Ketua Menteri Sabah Datuk Dr. Joachim Gunsalam dan jajaran. Sementara, Pemprov diwakili oleh Sekretaris Daerah, H. Suryansah.

Dalam kesempatan itu pihak Sabah mengharapkan Kaltara dengan Sabah dapat saling bekerjasama untuk terus meningkatkan kegiatan perdagangan dan investasi kedua wilayah. Ada banyak insentif dan kemudahan yang ditawarkan oleh pihak Sabah bagi calon investor dari Kaltara yang ingin berinvestasi di sejumlah proyek yang ada di Sabah nantinya. Beberapa peluang yang ditawarkan seperti investasi di Kota Kinabalu Industrial Park (KKIP Sdn. Bhd), Palm Oil Industrial Cluster (POIC) dan lainnya.

Sementara dari pihak Kaltara, seperti disampaikan kepala DPMPTSP, Fery Ferdinand B, melalui Rahman Putrayani, ada beberapa peluang proyek investasi yang dibagi dalam tiga (3) segmen yaitu pertama, segmen pemerintah yakni terkait pembangunan infrastruktur umum.

Kemudian segmen swasta yakni pengembangan pariwisata, kehutanan, pergudangan, cold storage, pertanian, pertambangan, pembangkit listrik, industri hijau dan sistem telekomunikasi.

Terakhir segmen kerjasama swasta publik yakni pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan dan lainnya dengan skema build, operation and transfer (BOT), BOO dan BOOT.

Pemerintah Provinsi Kaltara juga akan memberikan insentif bagi para calon investor antara lain dari sisi fiskal dan non fiskal (kemudahan berusaha) berupa perijinan yang cepat, penyediaan lahan yang clean and clear (c&c), penyediaan fasilitas pendukung dan pendampingan. (rls/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: