7 Capaian Spesifik Pembangunan, Integra Award hingga SAKIP Award

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK – “Setidaknya ada 7 pencapaian spesifik pembangunan daerah di Kaltara yang cukup membanggakan selama 7 tahun perjalanan provinsi termuda di Indonesia ini. Apa saja itu, berikut ulasan singkatnya.”
– Anang Leo Febrian, Humas Provinsi Kaltara

Dalam paparannya pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2021 Provinsi Kaltara baru-baru ini, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambre menyebutkan, setidaknya ada 7 pencapaian spesifik yang sangat membanggakan sehingga mendongkrak harkat dan martabat Provinsi Kaltara secara nasional.

Pertama, Integra Award 2019. Ini penghargaan yang disampaikan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja periode 2014-2019 M Hanif Dhakiri kepada Gubernur Kaltara. “Dalam hal ini, Provinsi Kaltara mendapatkan penghargaan atas capaian Indeks Prestasi Pembangunan Ketenagakerjaan,” kata Irianto.

Kedua, Top 45 Inovasi. Penghargaan ini diserahkan Wakil Presiden periode 2014-2019 HM Jusuf Kalla kepada Gubernur Kaltara. “Ini penghargaan pertama yang diraih Kaltara, dalam kaitannya dengan inovasi pelayanan publik. Disini, Kaltara mengandalkan inovasi Sipelandukilat (Sistem Pelayanan Penduduk dan Pencatatan Sipil Cepat). Kondisi ini juga menggambarkan upaya dan komitmen pimpinan daerah untuk memberikan pelayanan publik secara cepat,” tutur Gubernur.

Ketiga, Inovasi Desa Award. Penghargaan ini diberikan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) atas kebijakan Pemprov Kaltara terhadap program inovasi desa.

Keempat, Korsupgah Award. Ini, menurut Gubernur merupakan pencapaian yang luar biasa. “Korsupgah Award diberikan kepada Provinsi Kaltara karena berhasil mendapatkan predikat hijau dari KPK atas hasil verifikasi aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi pemerintah daerah,” urai Gubernur.

Kelima, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2019. Ini juga salah satu penghargaan bergengsi yang diraih Pemprov Kaltara. “Penghargaan ini diperoleh Pemprov Kaltara, karena berhasil meriah predikat BB atas LHE (Laporan Hasil Evaluasi) SAKIP 2019,” ulas Irianto.

Tak hanya kementerian atau lembaga negara, lembaga swasta pun mengapresiasi berbagai pencapaian yang dilakukan Pemprov Kaltara selama ini. Salah satunya, adalah Majalah Gatra. “Pemprov Kaltara memperoleh penghargaan Gatra 2019 karena dianggap sebagai provinsi yang optimal menggunakan anggaran,” kata Gubernur. Lalu, Markplus. Disini, Gubernur menerima penghargaan sebagai Gubernur Entrepreneur Award 2019 kategori Kesehatan pada Regional Leader Entrepreneur Award 2019.(bersambung)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: