Belum Disepakati, Ini Jumlah Anggaran Pengamanan Diajukan Polres Tarakan

by Muhammad Aras

Kapolres Tarakan, AKBP Dearystone Supit, SIK

Tarakan, MK ā€“ Anggaran pengamanan pilkada yang disetujui Pemkot Tarakan diperkirakan hanya sebesar 2 milliar, jauh dari jumlah yang diusulkan Polres Tarakan yakni sebesar 9 milliar. Ā Saat dikonfirmasi, Kapolres Tarakan AKBĀ  Dearystone Suipt, SIK mengaku pihaknya belum mengetahui terkait jumlah anggaranĀ  yang diperuntukkan pada pengamanan pilkada.

ā€œKita juga belum dapatĀ  imformasi yang pasti tentang berapa anggaran yang disetujui ini operasi sudah mulai anggaran untuk pemilukada sampai saat ini belum turun,ā€ ujarya keada Metro Kaltara, Jumat (05/01)

Menurutnya, dengan anggaran sebesar 2 milliar tentu tidak cukup untuk pengamanan sekelas Pilwali. Apalagi jika terjadi konflik tentu pihaknya akan mendatangkan BKO dari luarĀ  mengingat Tarakan meruakan pulau sehingga membutuhkan biaya yang cuku besar.

ā€œNah ini yg sebenarnya kita ajukan anggaran sehingga mencapai 9 milliar itu sudah termasuk TNI yang di BKO kan ke Polri tapi kalo mungkin hanya dua milliar, saya belum bisa menjawab sekarang apakah bisa melaksanakan pengamanan ataukah tidak,ā€ terangnya

ā€œKita akan mencoba merevisi tapi kalau memang setelah kita revisi yang disesuaikan pengamanan itu berat, kita akan menyampaikan apa adanya, karena dari pemkot juga belum ada,ā€ sambungnya.

Dikatakannya, anggaran sebesar 9 milliar dianggap tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan daerah lain yang juga melaksanakan pilkada. Selain itu, jumlah penduduknya tidak terlalu banyak dibandingkan dengan penduduk Tarakan.

ā€œKita melihat polres di Kaltim, kita melaksanakan pilkada itu anggarannya jauh leih besar sementara mereka tidak perlu mendatangka BKO melalui udara maupun lautr, jadi BKO darat Ā pun mereka sampai

ā€œPasti ada kerawanan apalagi sekarang masih meraba-raba, pasangan calon belum ada, belum pendaftaran, begitu ditetapkan jadi calon langsung diamankan, rumahnya pun diamankan, kemana dia pergi kita ikut mendamigi, 24 jam pokonya,ā€ bebernya.

Sementara itu, Walikota Tarakan Ir. Sofyan Raga mengungkapkan tetap memprioritaskan jumlah anggaran pengamanan pilkada sesuai kebutuhan, sehingga jika ada kekurangan akan diupayakan dilakukan penambahan ā€œYang jelas sesusai kebutuhan, intinya itu, ini kan kepentingan negara harus diprioritaskan sesuai kebutuhan. Kalau ngga ditambah ngga jalan nanti,ā€ ungkapnya. (ars)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: