Cara Bedakan Gejala Covid-19 dengan Flu Biasa

by Redaksi Kaltara

Gejala Covid-19 biasanya muncul dua hingga 14 hari setelah paparan.

MEMBEDAKAN virus korona baru atau covid-19 memang bukanlah hal yang mudah untuk orang awam. Ini karena gejalanya serupa.

Ini wajar saja mengingat beberapa flu memang sebenarnya terjadi karena jenis virus korona. Namun, flu biasa membawa virus korona manusia biasa bukan virus korona baru atau SARS-CoV-2.

Dia dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti flu biasa, seperti yang disebutkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Untuk itu, para ahli memberi tahu perbedaan utamanya. Berikut penjelasannya yang dilansir dari parents.

Seperti dilansir Parents, menurut CDC gejala flu biasanya memuncak dalam dua hingga tiga hari dan Anda akan mengalami beberapa hal antara lain:

– Bersin

– Hidung tersumbat atau berair

– Sakit tenggorokan

– Batuk

– Post-nasal drip

– Mata berair

– Demam (yang ini jarang terjadi karena kebanyakan orang yang menderita flu tidak demam)

Beberapa gejala flu terutama pilek, hidung tersumbat, dan batuk  dapat bertahan hingga 10 hingga 14 hari, mereka biasanya akan membaik selama waktu itu, menurut CDC.

Sementara CDC mengatakan semua penyakit Covid-19 yang telah dilaporkan menunjukan gejala ringan penyakit parah hingga kematian. Gejala Covid-19 biasanya muncul dua hingga 14 hari setelah paparan dan Anda akan mengalami tiga hal antara lain:

– Demam

– Batuk

– Sesak napas

Walaupun ada laporan penyakit parah dan kematian terkait dengan covid-19. Sebagian besar kasus yang dikonfirmasi memiliki gejala ringan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet.

Gejala yang kurang umum menurut penelitian termasuk sakit tenggorokan dan pilek. Ini dilaporkan oleh  5% pasien. Ada pula gejala lain yaitu  diare, mual, dan muntah, dilaporkan oleh 1-2% pasien. Menurut The New York Times, pneumonia juga umum di antara pasien COVID-19, bahkan pada mereka yang kasusnya tidak parah.

Covid-19 dan flu biasa juga memiliki metode pencegahan yang hampir sama, menurut CDC. Ini termasuk sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik, tidak menyentuh mata, hidung dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci, menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit, tinggal di rumah saat Anda sakit, dan desinfektan benda dan permukaan yang sering Anda sentuh.

Jika Anda terserang demam dan gejala lain yang berkaitan dengan covid-19, sebaiknya hubungi dokter Anda untuk menentukan langkah selanjutnya. (Red/medcom)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: