Desa Sambungan Selatan Berhasil Torehkan Juara

by Martinus Nampur

Kades Sambungan Selatan, Hermansyah (pojok kiri) saat menerima penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang, sebagai desa terbaik.

TANJUNG SELOR MK- Penilaian kinerja kepala desa oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), menetapkan Desa Sambungan Selatan, Kecamatan Tana Lia, di Kabupaten Tana Tidung (KTT) juara satu se-Kaltara.

Lomba Kades berprestasi tingkat provinsi Kaltara tahun 2023 merupakan ajang Lomba bergengsi yg di laksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kaltara. Dengan total hadiah yang diberikan senilai Rp 10 juta.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Herson melalui PSM Aparatur Pemdes Edi saat dikonfirmasi mengatakan, lomba yang di gelar oleh pemprov Kaltara merupakan salah satu upaya pembinaan dan motivasi, serta semangat kepada seluruh kepala desa yang ada di Kaltara.

“Tahapan yang di laksanakan mulai dari pendataan syarat administrasi, wawancara dan klarifikasi lapangan. Itu bertujuan, untuk memacu dan meningkatkan kualitas produk dan sumber daya di desa. Sehingga bisa bekerja dengan maksimal sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi),”tandasnya.

Selain itu, kinerja kerja yang maksimal dapat mengali potensi yang ada di masing-masing desa. Sehingga itu akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik yang baik.

“Penilaian itu, berdasarkan desa yang memiliki inovasi yang baik dalam tata kelola pemerintahan desa, serta bisa menyajikan data pengelolaan dengan baik terhadap Bumdes, Pendapatan Asli Desa, pengolahan lembaga kemasyarakatan desa, itu semua masuk dalam indikator penilaian,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati KTT Ibrahim Ali saat dikonfirmasi memberikan selamat dan penyampaian terimakasih kepada kepala desa Sambungan Selatan,serta seluruh jajaran. Ia berpesan supaya tidak gampang puas dengan keberhasilan yang telah diperoleh.

“Iya, saya ucapkan selamat dan apresiasi atas keberhasilan itu. Kita harapkan, tetap pertahankan kualitas yang ada, dan yang belum maksimal perlu ditingkat kembangkan untuk mencapai hasil yang sempurna,” bebernya.

Kemudian, bagi desa-desa yang lain di KTT, diharapkan untuk bersama-sama berlomba untuk menampilkan yang terbaik, seusai potensi desa yang dimiliki. “Karena saya yakin, setiap desa yang ada di KTT memiliki kelebihan masing-masing yang belum digali dengan optimal, maka saya mengimbau untuk dikembangkan. Sehingga bisa memberikan input yang baik demi menunjang pertumbuhan ekonomi yang optimal,” tandasnya. (nus/MK1)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.