Dirut BPJS Siap Patuhi Putusan MA

by Redaksi Kaltara

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris (kiri)

Malang – Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris menghormati keputusan Mahkamah Agung (MA) terkait pembatalan kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Ia mengaku bakal mematuhi putusan itu.

“Kita akan patuh terhadap putusan itu. Namun kami belum mendapat amar detil keputusan itu, kapan mulai berlakunya, apakah berlaku surut, atau berlaku sekarang, atau berlaku nanti beberapa hari ke depan,” katanya di Malang, Jawa Timur, Rabu, 11 Maret 2020.

Fachmi menjelaskan pihaknya bakal menghitung implikasi keuangan akibat keputusan MA tersebut. Selain itu, BPJS juga akan melakukan rapat koordinasi di tingkat menteri untuk menanggapi keputusan MA ini.

“Prinsipnya begini, bahwa kita akan terus menjalankan operasional ini dengan sebaik-baiknya, untuk kepentingan masyarakat,” bebernya.

Fachmi menambahkan pihaknya juga bakal melakukan analisis mendalam setelah mendapatkan amar putusan MA secara detil. Dari analisis tersebut nantinya akan diketahui proyeksi cashflow di akhir tahun.

“Itu nanti kita dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian terkait kita akan segera melakukan rapat koordinasi. Besok itu di tingkat eselon satu, sudah akan rapat, dipimpin oleh Menko PMK,” ungkapnya.

Saat disinggung terkait peserta BPJS yang sudah membayar iuran baru, Fachmi enggan menjawab lebih lanjut. Iuran BPJS Kesehatan sendiri resmi naik per 1 Januari 2020 berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

“Kita belum mendapatkan amar keputusannya, kita belum tahu berlaku mulai kapan,” imbuhnya.

MA sebelumnya mengabulkan uji materi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan. Keputusan itu sekaligus membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

“Perkara Nomor 7 P/HUM/2020 perkara hak uji material. Diputus Kamis, 27 Februari 2020,” ujar juru bicara MA Andi Samsan Nganro di Jakarta, Senin, 9 Maret 2020. (medcom)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.