TARAKAN, MK – Pengelola Perpustakaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Jusuf SK mengikuti kegiatan Pembinaan Perpustakaan Khusus OPD/Instansi tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Hal ini berkaitan dengan rencana sertifikasi Perpustakaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Jusuf SK, dimana perlu menaikkan stndardisasi pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

Diketahui, perpustakaan rumah sakit merupakan salah satu contoh perpustakaan khusus, yang dapat menjadi alternatif hiburan edukasi dan literasi bagi pasien dan keluarga yang sedang menunggu dengan menyajikan buku di ruang tunggu sebagai pengganti televisi. Hal ini juga penting untuk pasien yang sedang menjalani rawat inap.

“Sekarang ini kita lakukan pembinaan kesana untuk persiapan sertifikasi, jadi perpustakaan sekarang harus disertifikasi,” terang Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPK Kaltara, Ir. Yosua Batara Payangan, S.T., M.Si saat dikonfirmasi pada, Kamis (29/2).

Mengenai sertifikasi perpustakaan khusus, Yosua mengungkapkan perlunya meningkatkan kualitas dan memenuhi standar yang dimulai dari buku-buku, sarana prasarana yang ada di sana, komputer, dan juga sumber daya manusianya.

“Jadi bukan hanya untuk perpustakaan khusus, tapi juga perpustakaan desa dan perpustakaan sekolah nantinya akan dilakukan pembinaan-pembinaan dan diusahakan semuanya mendapat sertifikasi,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dibahas peluang kerjasama dan kolaborasi antara perpustakaan dalam bidang perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca untuk penguatan literasi masyarakat yang lebih luas khususnya di wilayah Provinsi Kaltara. (**)