Gerobak Sedekah Jumat Baznas, Beri Manfaat Bagi Yang Membutuhkan

by Isman Toriko

IKHLAS: Petugas Baznas Kabupaten Tana Tidung, tampak memberikan sedekah jumat kepada petugas kebersihan.

TANA TIDUNG, MK- Warga yang tidak mampu merasa terbantu dengan adanya Jumat Sedekah yang di galakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tana Tidung.

Selain memberikan bantuan kemanusiaan kepada para mustahik, Baznas juga mempunyai program Gerobak Baznas Jumat Sedekah. Yang mana sasaran dari Sedekah Jumat tersebut kepada para warga yang tidak mampu maupun yang membutuhkan.

Acil Ice salah satu pekerja yang berprofesi sebagai petugas kebersihan tersebut mengatakan, ia bersama dengan teman lainya merasa bersyukur karena setiap pagi Jumat mendapatkan makanan gratis.

“Alhamdullilah sebagai warga yang ekonomi kurang mampu, saya merasa bersyukur karena mendapatkan makanan gratis setiap pagi Jumat dari Baznas,” kata Ice.

Hampir setiap Jumat pagi, para petugas dari Baznas datang menghampiri dirinya dan juga teman sejawatnya untuk memberikan nasi bungkus dan juga kue.

“Kadang lagi asik nyapu jalan, sudah ada petugas dari Baznas memberikan kami makanan Alhamdullilah jadi bisa buat sarapan,” jelasnya.

Senada dengan Yetno salah satu anak yatim yang juga merasa bersyukur karena setiap pagi Jumat, ia pun mendapatkan sedekah Jumat dari para petugas Baznas.

“Senang saya, karena buat sarapan ka. Jadi kalau sudah jam 6.00 saya sudah datang ke stand nya untuk ambil sarapan,” kata Yetno.

Kuswanto Ketua Pelaksana Harian Baznas Tana Tidung itu saat dimintai keterangan mengatakan, bahwa Sedekah Jumat tersebut merupakan program dari Baznas KTT.

“Ini memang salah satu program Baznas yang tujuannya untuk warga kita yang kurang mampu maupun warga yang membutuhkan,” ujar Kuswanto.

Sedekah Jumat tersebut mulai dibuka pukul 6.00 pagi sampai dengan selesai setiap hari Jumat,adapun makanan baik nasi bungkus dan juga kue pun sudah tersedia di stand boat Baznas yang ada di Jalan Jenderal Sudirman.

“Kita mulai jam 6.00 pagi, jadi kalau sudah pagi hari Jumat warga baik yang tidak mampu maupun warga yang membutuhkan bisa singgah di boat kami,” ungkapnya.

Pihak Baznas pun juga memberdayakan mustahik yang tidak mampu, untuk membuat makanan yang akan diberikan di Sedekah Jumat.

“Jadi makanan yang kami berikan itu berasal dari Mustahik kami, yang kami berdayakan dan kami beri modal agar mereka pun mendapatkan penghasilan,” tukasnya.

Meski demikian, bagi masyarakat yang ingin memberikan sedekah nya di hari Jumat juga bisa memberikan ke petugas Baznas untuk dapat disalurkan kepada warga yang sangat membutuhkan.

“Jadi bukan kami saja, masyarakat yang mau bersedekah juga bisa lewat Baznas untuk disalurkan kepada warga kita yang membutuhkan,” katanya.

Ia berharap, apa yang dilakukan Baznas Tana Tidung ini dapat membantu warga yang kurang mampu serta warga yang membutuhkan.

“Semoga ini bisa sedikit memberikan keringanan kepada warga kita yang memang sangat membutuhkan, dan kami juga berterimakasih kepada masyarakat dan juga ASN KTT yang telah memberikan zakatnya untuk kemaslahatan umat,” pungkasnya. (rko)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.