Ibrahim Ali Bagikan 1.104 Sertifikat Tanah ke Masyarakat Kecamatan Muruk Rian

by Isman Toriko

TANA TIDUNG, MK – Bupati Kabupaten Tana Tidung Ibrahim Ali bagikan 1.104 sertifikat PTSL- PM Tahun 2023 kepada masyarakat di Kecamatan Muruk Rian, Kabupaten Tana Tidung, Sabtu (22/6) yang lalu.

Sebagai Bupati Ibrahim Ali Pemda Tana Tidung mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Saya berharap dengan diserahkannya  sertifikat tanah pada hari ini dapat memberikan manfaat yang berguna bagi masyarakat Kabupaten Tana Tidung khususnya Kecamatan Muruk Rian dan berdampak baik bagi pembangunan Ktt yang kita cintai ini,”ujar Ibrahim Ali.

Ia menjelaskan, bahwa sertifikat tanah PTSL– PM Tahun 2023 akan di serahkan sebanyak 1.104 Se – Kecamatan Muruk Rian dengan pembagian Desa Rian 295 sertifikat, Desa Kapuak 211 sertifikat, Desa Sapari 200 sertifikat, Desa Seputuk 256 sertifikat, Desa Belayan Ari 139 sertifikat dan Desa Rian Rayo 3 sertifikat.

Selain itu, guna memastikan pelaksanaan Reforma Agraria berjalan efektif di Kabupaten Tana Tidung, Kementerian Atr/Bpn Melalui Kantor Bpn Bulungan melaksanakan kembali program PTSL-PM Tahun 2024 dengan target penyelesaian PTSL tahun ini.

“Pemetaan, penataan dan perbaikan bidang tanah terdaftar terpetakan tahun 2023 dan bidang tanah belum terpetakan serta bidang tanah terpetakan namun belum terbit sertifikatnya,”jelasnya.

Perlu diketahui bahwa dari 4.040 bidang tanah yang tersertifikasi tahun ini di Kabupaten Tana Tidung masih tersisa ±1.553 bidang tanah yang berpotensi di sertifikat kan kembali.

Bukan itu saja, untuk optimalisasi kegiatan PTSL-PM tersebut sebanyak 500 bidang ukur yang akan di tindaklanjuti dan di sertifikat kan tahun ini di wilayah Kecamatan Sesayap Hilir dan Kecamatan Betayau pemetaan bidang tanah yang belum terdaftar,”ungkapnya.

“Ini merupakan angin segar untuk masyarakat Kabupaten Tana Tidung khususnya di Kecamatan Muruk Rian, tahun 2024 kebijakan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang menjadi program strategis nasional dengan konsep membangun data bidang tanah baru kembali dilaksanakan,” tukasnya

Usulan Desa – Desa Yang Berpotensi Untuk Di Sertifikat Kan Diserahkan Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung Melalui Dinas Puprpkp Kepada Kantor Pertanahan Bulungan Tahun 2024 Sebanyak 12 Desa.

“Semoga sertifikat yang telah diberikan bisa bermanfaat bagi penerimanya. Ini dapat membantu melegalkan tanah masyarakat yang dulunya belum bersertifikat,” pungkasnya.  (rko)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.