Kaltara Harus Berpartisipasi dalam Forum WUF ke 9

by Setiadi

PUNCAK HWD : Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dr Suheriyatna, berfoto bersama Direktur BPIW Kementerian PUPR Rido Matari Ichwan, Senin (6/11).

JAKARTA, MK ā€“ Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-Perkim) Kaltara Dr Suheriyatna menghadiri puncak acara peringatan Habitat World Day (HWD), Senin (6/11) lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Suheriyatna mengatakan, Indonesia masuk ke dalam World Urban Forum (WUF) ke-9 yang rencananya akan digelar pada Januari 2018 mendatang. Di forum WUF itu juga, kata Suheriyatna, negara Indonesia harus membuat even di kabupaten/kota di bidang cipta karya dan perumahan. ā€œKarya terbaik, akan ditampilkan di forum dunia,ā€ ujar Suheriyatna saat dikonfirmasi.

Secara detail disebutkan Suheriyatna, event yang dimaksud adalah mengubah atau menata kawasan kumuh menjadi perumahan yang tertata rapi berikut bantaran sungai serta drainasenya. ā€œAir minum, persampahan juga dikelola dan bagaimana sistem pengelolaannya,ā€ jelasnya.

Karena itu, ia berharap Kaltara dapat ikut berpartisipasi dengan event tersebut. Sebab, Kaltara juga memiliki program untuk mendesain kawasan Kota Baru Mandiri (KBM) yang terintegrasi dengan Kawasan Industri Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi. Dengan begitu, Kaltara akan memiliki nilai tambah yang menata kawasan pemukiman baru di Provinsi yang baru berusia belia ini. ā€œRencananya kita mau support KBM Tanjung Selor,ā€ jelasnya.

Akan tetapi, lanjut dia, hal itu harus didorong untuk bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan, sebagai leading sector-nya. Salah satunya ialah mempercepat pembentukan Kota Madya Tanjung Selor. ā€œIni harus didorong secepat mungkin agar Kota Madya Tanjung Selor segera terbentuk,ā€ singkatnya. (humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: