Kepala BIN Sebut IKN Bakal Jadi Sejarah Baru

by Redaksi Kaltara

Jakarta, MK – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan menyebut Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur bakal menjadi sejarah baru untuk Indonesia. Pemerintah kini tengah merancang proses pembangunan IKN.

“Pemerintah sangat serius membangun di Ibu Kota Negara baru. Berpindahnya IKN akan menjadi sejarah baru untuk Indonesia,” ujar Budi, Sabtu, 5 Februari 2022.

Ia mengungkap alasan utama pemerintah memindahkan IKN ke Kaltim. Yakni, pemerintah ingin mengubah stigma Indonesia hanya pulau Jawa.

“Bahwa Indonesia memiliki luas yang melimpah dengan ekosistem yang luar biasa. Maka bapak Presiden ingin tidak ada kesenjangan antara pulau Jawa dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, dukungan pembangunan IKN di Kalimantan juga mengalir dari Ketua Umum Persekutuan Suku Asli Kalimantan (PASAK), Surpani. Ia mengatakan, pemindahan IKN sudah melalui kajian mendalam.

“Jadi bicara perpindahan IKN, ini berdasarkan kajian mendalam. Saya sebagai pendiri PASAK, adalah satu-satunya penulis tesis tentang peranan partai politik dalam rangka mendukung perpindahan IKN dari Jakarta ke Kaltim. Oleh karena itu, benang merahnya cukup panjang,” beber Surpani.

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.