Pemkab Malinau Ikuti Bimtek SIPD

by Redaksi Kaltara

MALINAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau menjadi yang pertama mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dari Kemendagri, untuk mengelola dan menyusun APBD 2021.

Sekretaris Daerah Malinau Dr. Ernes Silvanus menyampaikan, bahwa kehadiran Direktur Perencanaan Anggaran dan Tim Teknis dari Kemendagri ke Malinau merupakan yang pertama memberikan pelatihan ke seluruh OPD di Pemkab Malinau.

“Kita bersyukur atas kehadiran tim Kemendagri ke Malinau. Karena kita mendapatkan pelatihan pertama kali dalam SIPD, untuk mengelola dan menyusun APBD 2021,” ujar Ernes saat menyampaikan sambutannya, Kamis (10/9/2020).

Menurut Ernes, bimtek ini menjadi momentum dan menandakan dimulainya rancangan penganggaran bagi pemerintah daerah tahun 2021 sesuai Kemendagri Nomor 12 tahun 2019 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Bentuk keseluruhan struktur APBD melalui perubahan, terkhususnya dalam penginputan akan menggunakan SIPD,” ujarnya.

Ernes mengatakan perubahan sistem ini merupakan pembelajaran sebagai inovasi dalam kerangka organisasi pemerintahan, agar tetap berjalan secara efektif dan efisien.

“SIPD ini merupakan salah satu bagian dari seluruh perubahan. Karena sudah ada peraturan tentang pengelolaan keuangan daerah. Semoga ini bisa dapat berjalan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Menurut dia, sebagai pelaku penyelenggara sistem organisasi, maka sebaiknya beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut. “Kemampuan kita harus menyesuaikan diri dengan pembekalan yang ada. Semoga sistem ini benar-benar bermanfaat demi keberlangsungan pemerintahan daerah,” jelasnya.

Dia mengatakan, harus ada komitmen kuat bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjalankan sistem tersebut. “Terutama fokus pada perubahan pengelolaan keuangan. Makanya, saya berpesan kepada seluruh OPD yang mengikuti bimtek untuk betul-betul mendalami dan memanfaatkan narasumber untuk meningkatkan skill menyusun APBD 2021,” pungkasnya. (ian/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: