Presiden Pesan Kepala Daerah Jaga Inflasi

by Redaksi Kaltara

JAKARTA, MK – Presiden RI, Joko Widodo membuka rapat kerja nasional (rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke 16 tahun 2024 di Jakarta pada Rabu (10/7). Rakernas yang menghadirkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M Tito Karnavian sebagai pembicara kunci turut dihadiri Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Bulungan.

Presiden RI dalam arahannya meminta para Bupati untuk memperhatikan inflasi (kenaikan harga-harga barang pokok) di daerahnya. Hal tersebut penting karena situasi geopolitik seperti perang yang menyebabkan harga minyak dan harga pangan naik turun serta tantangan perubahan iklim dapat menyebabkan sebuah negara kesulitan menumbuhkan ekonomi.

Presiden berpesan agar para Bupati mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah, dari sisi keuangan, pangan, energi, industri, teknologi serta pariwisata. Presiden mencontohkan negara Bhutan yang menarik iuran bagi turis untuk perlindungan alam dan dalam setahun bisa mendapat Rp500 miliar hanya dari iuran belum lagi dari perekonomian pariwisatanya.

Sementara Mendagri berpesan agar para kepala daerah fokus pada kebijakan di bidang pendidikan, kesehatan, pengembangan SDM serta menghidupkan sektor swasta untuk mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah.(**)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.