STUDY CLUB PEMERHATI HIV / AIDS DI RSUD TARAKAN

by kenneth Helmy Harahap

 Kelompok Dukungan Sebaya Spirit Borneo,  Yang Merupakan Organisasi Bagi Pemerhati Hiv-Aids Dan Orang Dengan Hiv Dan Aids (ODHA), Gelar Study Club  Di Rsud Tarakan.

TARAKAN, MK. Pertemuan Yang Menampung Semua Keluhan Dan Kendala Bagi Penderita Odha Yang Ada Di Kota Tarakan Dalam Upaya Pengobata,  Kds Spirit Borneo Mengundang Pemerhati Hiv/Aids Maupun Penderita Untuk Berpartisipasi Dalam Kegiatan Ini.

Meskipun Hanya Dihadiri Oleh Puluhan Peserta Saja, Tak Menghalangi Bagi Ketua Panitia Dalam Menyampaikan Pengarahan.

Ketua Kds Spirit Borneo, Engeline, Menjelaskan. Kds Spirit Borneo Sendiri Berdiri Sejak Tahun 2010 Dan Sebagai Dukungan Dan Pemberi Semangat Bagi Penderita ODHA Yang Ada Di Kota Tarakan, Mengingat Sejak Tahun 2013 Hingga 2019 Kurang Lebih 800 Orang Penderita ODHA Ada Di Kota Tarakan.

‚Äú Kami akan selalu melakukan kegiatan study club, maupun sosialisasi ke sekolah sekolah dan tempat tempat hiburan. Karena di tarakan sendiri, sejak tahun 2013 hingga 2019, sudah sekitar 800 orang tertular HIV/Aids. Selain itu, kegiatan yang kami lakukan juga memberi informasi kepada siapapun tentang penularan HIV/Aids. Sehingga generasi muda lebih berhati-hati dalam bergaul. ‚ÄĚ Tutur Engeline.

Seperti yang kita ketahui, bahwa penularan HIV/Aids lebih dominan terhadap anak muda. Yang lebih banyak terdampak penularan adalah melalui jarum suntik, mesin Tatto dan sex bebas.

‚ÄúTiga hal utama penularan HIV/Aids yang harus diwaspadai adalah Jarum suntik, Alat Tatto dan pergaulan bebas atau sex bebas. Jika hanya berdekatan, bersalaman atau berteman akrab dengan penderita ODHA, tidak akan tertular.‚ÄĚ Tambah Engeline.

Sementara Itu, Psikolog Rsud Tarakan, Arif Wahyu Utama Menuturkan Rsud Tarakan Selalu Terbuka Untuk Kegiatan Apapun.  Jika Itu Yang Menyangkut Aktivitas Kesehatan Dan Khusus Untuk Kds Spirit Borneo Sudah Menjalin Kerja Sama Dengan Rsud Sejak Lama.

‚Äú kita dari RSUD Tarakan sangat mendukung kegiatan yang dilakukan ini. Karena RSUD terbuka dan berusaha memfasilitasi jika ada kegiatan seperti ini. Apa lagi KDS Borneo sudah sejak lama menjalin erja sama dengan RSUD‚ÄĚ. Tutup Wahyu.¬† (Ken)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: