Tahun Ajaran Baru, MPLS SMK/SMA Dilakukan Daring

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK – Kegiatan belajar mengajar di tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai kemarin, Senin (13/7). Di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sendiri, sesuai informasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, hari pertama tahun ajaran baru di lingkungan SMK/SMA digunakan para siswa baru untuk Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Berbeda dari tahun sebelumnya, MPLS tidak dilakukan dengan kegiatan tatap muka. Namun, tahun ini dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online

Kepala Disdikbud Kaltara, Firmanannur mengatakan, informasi kegiatan persiapan MPLS di hari pertama tahun ajaran 2020/2021 telah disampaikan Disdikbud Kaltara kepada seluruh kepala sekolah (Kepsek) SMA/SMK se-Kaltara melalui rapat vicon. “Jauh hari sebelumnya sudah kita informasikan. Sehingga hari pertama kegiatan belajar tatap muka itu belum dilaksanakan. Dikarenakan hari pertama digunakan oleh siswa baru untuk MPLS,” katanya.

“Selain mengenal lingkungan sekolah, melalui zoom meeting, siswa baru juga mengenalkan diri antar siswa dan guru,” tambahnya.

Sementara Sekretaris Disdikbud Kaltara, Teguh mengungkapkan, terkait persiapan belajar mengajar menghadapi era new normal di lingkungan sekolah (SMA/SMK), saat ini masih menunggu keputusan penetapan zona hijau dari gugus tugas pusat. “Intinya, Kaltara siap dalam menyambut new normal. Kita sudah siapkan edarannya, terkait kegiatan belajar mengajar di era new normal. Hanya saja harus menunggu sampai ada penetapan zona hijau dari gugus tugas Pusat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pada tahun pelajaran 2020/2021 ada 33 SMA dan ada 21 SMK pelaksana Pendaftaran Penerimaan Didik Baru (PPDB) dengan mekanisme daring. Sementara ada 25 SMA dan 7 SMK di perbatasan yang memiliki keterbatasan akses internet melaksanakan PPDB dengan mekanisme luar jaringan (Luring).(humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: