Tarakan Timur Darurat Penyakit Campak

Tuesday, November 8th 2016. | Headline, Tarakan
20161108aras_imnusasi-campakdan-vitamin-a

pemberian vitamin A kepada salah seorang anak dalam kegiatan imunisasi massal

 

 

Tarakan, MK – Empat Kelurahan di Kecamatan Tarakan Timur saat ini  mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) perihal Penyakit Campak. Untuk itu Dinas Kesehatan Kota Tarakan meakukan imunisasi massal serentak  terhadap anak-anak khususya usia Sembilan sampai Lima Puluh Sembilan Bulan.

Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P4L) Dinkes Tarakan dr. Witoyo mengatakan imunasisi tersebut dilakukan untuk memberikan kekebalan tubuh pada anak-anak. Meningat saat ini ada Kejadian Luar Biasa (KLB) diempat Kelurahan di Kecamatan Tarakan Timur,  yakni Mamburungan Timur, Mamburungan, Pamusiam dan Gunung Linkas.

“Hari ini dipastikan lagi semua anak di dearah yang terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) akan mendapat imunisasi campak untuk setiap anak mulai dari Sembilan sampai lima puluh Sembilan bulan. Untuk memberikan kekebalan supaya tidak menjadi sumber penularan lagi” Kepada Metro Kaltara, Selasa (08/11)

Menurutnya, anak-anak yang memilik kondisi normal itu tidak perlu melakukan imunisasi massal. Cukup mengikuti imunisasi seperti biasa. Tetapi melihat kondisi saat ini, menunjukkan wilayah yang ada di Kecamatan Tarakan Timur terjadi KLB sehingga semua anak harus mengikuti imunisasi massal serentak yang dilakukan dari 8 hingga 10 Novemver.

“Ya tidak perlu, cukup sesuai dengan rumusnya saja. Tapi kalau kondisi seperti ini, itukan menunjukkan wilayah sini masih ada anak-anak yang belum kebal yang menjadi sumber penularan makanya dipastikan lagi didata lagi semua yang berumur Sembilan bulan sampai 59 untuk diimunisasi lagi” imbuhnya

“Jadi selain daya tahannya ditingkatkan daya gisinya juga ditingkatkan, ini campak masalahnya kan dia menyerang ke bagian luar atau epitel ini. Dengan vitamin A ini akan meningkatkan disel-sel untuk menambah daya tahan tubuh lagi” tambahnya

Lebih lanjut ia menjelaskan, kenapa imunisasi campak hanya dilakukan terhadap anak-anak yang berusia Sembilan bulan? Karena ketika anak baru lahir itu masih terdapat kekebalan sehingga nanti pada usia-usia Sembilan bulan hingga lima puluh Sembilan baru diberikan imunisasi campak.

“Rata-rata kalau sudah 9 bulan hingga lima tahun keatas itu memiliki kekebalan daya tahan tubuh yang rendah  sehingga itu dijadikan patokan” tutupnya (ars)

 

 

 

 

 

tags:

Related For Tarakan Timur Darurat Penyakit Campak