Tim Evakuasi Bertolak ke Wuhan

by Muhammad Reza

Menlu Retno didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menkes Terawan Agus Putranrto melepas tim evakuasi ke Wuhan

 

Jakarta = Pemerintah melepas tim evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Tiongkok. Tim berjumlah 42 orang itu terdiri dari personel TNI, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Luar Negeri.

“Ini misi sangat mulia harus kita jalankan dengan penuh kedisiplinan,” tegas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu, 1 Februari 2020.

Retno berharap tim evakuasi dan WNI selamat hingga tiba kembali di Indonesia. Ia meminta semua yang terlibat evakuasi tetap bersemangat dan menjaga kesehatan.

Tim Evakuasi Bertolak ke Wuhan

Pesawat yang digunakan mengevakuasi WNI di Wuhan/Medcom.id/Theofilus Ifan S

Retno menjelaskan pemerintah ketat menerapkan prosedur aspek kesehatan. Mulai sebelum keberangkatan ke Tiongkok hingga tiba kembali di Tanah Air.

Dia juga meminta doa serta dukungan masyarakat Indonesia atas misi penjemputan ini. Retno juga berterimakasih atas kerja sama seluruh pihak yang telah membantu.

Pelepasan tim evakuasi dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Presiden Joko Widodo ingin seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Hubei, Tiongkok segera dievakuasi. Langkah itu diambil usai virus korona menyerang Negeri Tirai Bambu.

“Secepatnya membawa WNI kita sebanyak kurang lebih 243 orang ke Indonesia dengan tahapan-tahapan,” kata Jokowi di Yogyakarta, Jumat, 30 Januari 2020.

Tim Evakuasi Bertolak ke Wuhan
Tim evakuasi bersiap lepas landas ke Wuhan/Medcom.id/Theofilus Ifan S

Jokowi menyebut kebijakan memulangkan WNI dari Tiongkok sudah tepat. Keputusan ini dibuat usai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus korona masuk dalam status darurat global.

Per 1 Februari 2020, 259 orang dinyatakan meninggal akibat virus korona. Sedangkan total kasus mencapai 11.791 di seantero Negeri Tirai Bambu. (medcom

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: