250 WNI dari Wuhan Bakal Dikarantina di Natuna

by Muhammad Reza

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

 

Jakarta = Sebanyak 250 warga negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok bakal dikarantina di Natuna, Kepulauan Riau. Mereka bakal diperiksa untuk memastikan steril dari virus korona.

“Kita punya tempat isolasi yang jauh dari penduduk dan terbaik terpilih adalah Natuna,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu 1 Februari 2020.

Hadi menjelaskan tempat isolasi merupakan pangkalan militer. Pangkalan itu, kata dia, memiliki fasilitas yang dikelola Trimatra TNI.

 

Selain itu, lanjut dia, jarak dari pangkalan militer ke tempat warga cukup jauh, hingga enam kilometer. “Dari hasil penilaian, memenuhi syarat protokol. Akhirnya (Natuna) dipilih jadi tempat transit,” tutur Hadi.

Hadi berharap proses transit di Natuna tidak memakan waktu lama. Dia ingin WNI dari Tiongkok segera berkumpul bersama keluarga.

Hadi memastikan penjemputan WNI menggunakan pesawat komersil turut dipantau. Pesawat jenis Airbus A330 itu telah dipasangi frekuensi militer untuk memonitor pergerakan.

“Agar terus dipantau sampai pendaratan dan berjalan dengan baik, aman, dan lancar,” tutur dia.

Keputusan mengevakuasi WNI diambil usai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus korona masuk dalam status darurat global. Per 1 Februari 2020, 259 orang dinyatakan meninggal akibat virus korona. Sedangkan total kasus mencapai 11.791 di seantero Negeri Tirai Bambu. (medcom(

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: