Akses ke 3 Kabupaten di NTT Masih Terputus

by Redaksi Kaltara

Jakarta, MK – Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat akses masuk ke tiga kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) masih terputus. Perjalanan menuju lokasi bencana terkendala cuaca.

“Wilayah yang masih belum dapat diakses sepenuhnya meliputi Kabupaten Malaka, Kabupaten Flores Timur, dan Kabupaten Lembata,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan tertulis, Rabu, 7 April 2021.

Menurut dia, akses darat menuju Kabupaten Malaka terputus akibat longsor. Sementara itu, Kabupaten Flores Timur dan Lembata belum sepenuhnya dapat didatangi karena gelombang laut masih tinggi.

“Sehingga harus menggunakan moda transportasi udara,” ucap Raditya.

BNPB mengerahkan enam helikopter untuk mendistribusikan logistik ke lokasi yang terisolasi. Helikopter ini meliputi Heli MI-8 dengan daya angkut delapan ton yang direposisi dari Kalimantan Barat dan Heli Kamov 32 A dengan daya angkut lima ton yang direposisi dari Riau.

Selain itu, ada Heli EC-115 berkapasitas 12 tempat duduk dan Heli AW 199 berkapasitas 7 tempat duduk. Heli jenis Bell 412EP dengan kapasitas 12 tempat duduk dan Heli AS-365 kapasitas 11 tempat duduk juga terlibat operasi ini.

Helikopter tersebut turut difungsikan untuk pertolongan darurat, terutama kepada kelompok rentan. Angkutan udara ini juga dimaksimalkan untuk mengangkut tim medis yang ditugaskan di posko penanganan darurat. (medcom)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: