Syarwani Sebut Program INOVASI Berhasil di Bulungan

by Redaksi Kaltara

Bulungan, MK – Tim INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia) melaksanakan audiensi secara virtual dengan Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si di Ruang Rapat Bupati pada Rabu (7/4). Bupati mengungkapkan, program INOVASI yang berjalan di Bulungan sejak akhir 2018 dinilai berhasil memajukan murid serta guru di jenjang pendidikan dasar khususnya dalam meningkatkan literasi atau kemampuan membaca, menulis dan memahami bagi murid sekolah dasar.

‚ÄúSaya atas nama Pemerintah Kabupaten Bulungan menyampaikan apresiasi dan dukungan atas program INOVASI dan berharap kerjasama ini terus berlanjut,‚ÄĚ ucap Bupati. Audiensi tim INOVASI yang merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia tersebut juga dirangkai silaturrahmi dengan Bupati Bulungan yang¬† baru dilantik. Dilanjutkan, pendidikan merupakan modal dalam memajukan suatu bangsa. Bupati pun menyatakan komitmennya memajukan bidang pendidikan di Kabupaten Bulungan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bulungan, H Jamaluddin Saleh, S.Pd, M.Si turut memaparkan keberhasilan pelaksanaan program literasi bekerjasama dengan tim INOVASI di Bulungan. Diungkapkan, melalui program literasi, kemampuan membaca anak murid SD kelas 1, 2 dan 3 terus meningkat.

‚ÄúUntuk kemampuan membaca murid SD kelas awal yang tadinya membutuhkan 2 tahun ternyata bisa dicapai dalam waktu 1 tahun,‚ÄĚ jelasnya. Ditambahkan, kemampuan guru SD juga ikut meningkat dalam membantu memudahkan murid dalam¬† belajar membaca, menulis,¬† memahami¬† serta berbicara. Seperti diketahui, literasi secara umum diartikan kemampuan seseorang belajar membaca dan menulis. Arti yang lebih mendalam yaitu kemampuan seseorang dalam memahami sebuah gagasan dan menyampaikannya dalam bentuk lisan dan tulisan.

Audiensi secara virtual tersebut diikuti perwakilan tim INOVASI, yaitu Direktur Program INOVASI, Mark Heyward, Phd, Penasehat Bidang Sistem dan Kebijakan INOVASI, Ingga Vistara serta Manajer INOVASI untuk Kaltara, Ir Handoko Didagdo, MA. (an/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: