Bupati Bulungan Hadiri Tanam Padi Metode Hazton

by Redaksi Kaltara

Bulungan, MK – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si melaksanakan tanam padi perdana metode Hazton di Desa Sajau Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Timur pada Sabtu (19/6). Kegiatan dirangkai pula dengan penandatanganan MoU dengan perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang di saksikan secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum dalam pengembangan padi metode Hazton di Kabupaten Bulungan.

Bupati menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan menyambut positif kerjasama dengan perwakilan BI Kaltara yang bertujuan membangun kemandirian ekonomi dan pangan di Kabupaten Bulungan khususnya di wilayah Desa Sajau Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Timur.

“Kegiatan ini selain untuk meningkatkan produktifitas padi, juga menjadi bagian dari upaya mengembangkan serta mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Bulungan,” sebutnya. Dilanjutkan, para petani di Desa Sajau Hilir diharapkan dapat ikut menanam padi dengan menggunakan metode Hazton, karena metode ini mampu menaikkan produktivitas, dengan menambah hasil padi serta nantinya juga akan meningkatkan kesejahteraan para petani.

Seperti diketahui, metode Hazton merupakan teknologi pola tanam padi yang memaksimalkan sifat fisiologis dari tanaman padi. Teknologi ini sesungguhnya terbilang sederhana dan tidak banyak mengubah kebiasaan petani. Cukup mengubah masa semaian dari 14 hari menjadi 30 hari dan menambah jumlah bibit yang ditanam dari sebelumnya 1-5 batang menjadi 20-30 batang.

Para petani diharapkan dapat mengikuti SOP (Standar Operasional Prosedur) padi teknologi Hazton dengan baik dan benar sehingga akan mendapatkan hasil panen yang memuaskan pula. SOP tersebut antara lain mulai dari pengolahan lahan beberapa minggu sebelum tanam, pemupukan dasar beberapa hari sebelum tanam, perendaman benih, penyemaian benih, aplikasi imunisasi awal padi terhadap penyakit, aplikasi pemupukan pertama, penyemprotan dan seterusnya.

“Bila prosedur metode Hazton dengan 20-30 bibit ini dilakukan dengan benar dan berurutan, saya yakin akan dapat memberikan hasil yang lebih banyak, di mana asumsi tanah 1 hektare bisa menghasilkan 5 sampai 6 ton sekali panen, sehingga pendapatan petani secara tidak langsung semakin sejahtera,” ungkapnya.  Ditambahkan, area Kabupaten Bulungan yang masih cukup luas kiranya juga dapat terus dikembangkan dengan sektor pertanian sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Bulungan yang berdaulat pangan, maju dan sejahtera.

Setelah melaksanakan tanam perdana Padi Hazton, Bupati Bulungan juga hadiri peresmian masjid Darussalam di Kampung Baru Desa Mangkupadi kecamatan Tanjung Palas Timur yang diresmikan secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara. (an/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: