Deteksi Dini Kanker Rahim Lewat IVA Test

by Setiadi

DETEKSI DINI : Ketua TP PKK Kaltara Hj Rita Ratina Irianto memberikan pengarahan kepada peserta kegiatan IVA Test Sebagai Upaya Mendeteksi Kanker Rahim Sedini Mungkin di Gedung DLH Bulungan, Kamis (17/8).

TANJUNG SELOR – Bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bulungan, TPP PKK Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test Sebagai Upaya Mendeteksi Kanker Rahim Sedini Mungkin di Gedung Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bulungan, Kamis (17/8). Dalam kegiatan ini, turut terlibat pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) dan DLH Kabupaten Bulungan.

Ketua TP PKK Kaltara Hj Rita Ratina Irianto membuka kegiatan tersebut, dengan didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kaltara Hj Sri Senanti Badrun, dan Ketua TP PKK Bulungan Hj Titien Iriany. “Kesehatan wanita adalah hal penting bagi keluarga, dan provinsi baru ini. Keluarga yang sehat, diawali dari ibu yang sehat,” kata Rita.

Melakukan deteksi dini kanker rahim lewat IVA Test, diyakini Rita dapat direalisasikan terhadap seluruh wanita di Bulungan dalam waktu lima tahun. Kegiatan serupa juga diharapkan digelar di daerah lainnya di Kaltara. “Targetnya 1.000 perempuan atau ibu sudah melakukan IVA Test, maka dalam lima tahun bisa tuntas pemeriksaan tersebut dilakukan di Bulungan. Ini dengan asumsi jumlah perempuan 40 persen dari jumlah penduduk Bulungan yang kurang lebih 160 ribu jiwa,” tuntas Rita. (humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: