Direktur RSUD Keluhkan Minimnya APD Tenaga Medis

by Redaksi Kaltara

MALINAU – Direktur RSUD Kabupaten Malinau drg. Ni Putu Ria Citrawati. Sp.Perio mengatakan bahwa pihaknya sudah membuat strategi-strategi untuk melakukan penanganan terhadap virus corona tersebut, Jum’at (20/03).

“Untuk kesiapan kami sudah punya tim yang diketuai oleh dokter spesialis dan teman-teman dokter sejawat,” ujarnya

Untuk APD (Alat Pelindung Diri) sendiri kata drg. Ni Putu, pihaknya masih kesusahan karena dari pusat hanya mengirimkan 3 pasang sedangkan tim di lapangan harus berhadapan langsung dengan pasien.
“Jadi kami memang minta khusus untuk APD, kami sudah mengajukan untuk itu baik masker maupun baju pelindung termasuk sepatu boot,” ungkapnya.

Untuk mempersiapkan segala kemungkinan, pihak rumah sakit juga sudah mempersiapkan ruangan isolasi bagi pasien.
“Ruang isolasi kami siapkan 2 ruangan dengan 2 kamar dan 2 bed. Jadi 1 ruangan itu bisa maksimal 2 bed. Tapi sementara kami siapkan 2 ruangan untuk 2 bed,” ujarnya.

Selain itu, pihak rumah sakit juga sudah membuat beberapa kebijakan untuk mengantisipasi dan mencegah penyeberan virus tersebut. “Karena disini kami harus memberikan keamanan untuk petugas dan pengunjung jadi jam besuk kami tiadakan. Dan untuk penunggu pasien kami maksimalkan 1 orang,” tuturnya.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara H. Udin Hianggio, B.Sc

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara H. Udin Hianggio, B.Sc mengatakan bahwa kunjunganya ke Kabupaten Malinau dalam rangka memberikan motivasi dan semangat bagi tenaga-tenaga medis dan pemerintah daerah dalam menghadapi serta melakukan pencegahan terhadap wabah virus corona.

“Alhamduliilah di Malinau semua terpantau dengan bagus dan belum ada yang dalam pengawasan. Jadi kesiapan pemerintah daerah dan rumah sakit ini sangat positif sekali. Dan kita harus waspada karena ini masalah nasional dan internasional. Kita harus siap segalanya mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjelek. Tapi mudah-mudahan Allah jauhkan itu dari Malinau,” ungkapnya.

Sebelum ke Malinau Wagub H. Udin sebelumnya berkunjung ke Kota Tarakan untuk melakukan kunjungan yang sama. Selain berkunjung ke rumah sakit, wagub juga berkunjung ke pelabuhan dan bulog untuk mempertanyakan kesiapan bahan pangan yang ada disana. (Red/Diskominfo)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.