Groundbreaking Ibu Kota Baru Dilaksanakan Oktober

by Redaksi Kaltara

Direktur Jenderal Cipta Karya KemenPUPR Danis Hidayat Sumadilaga dalam di Gedung Kementerian PUPR.

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan groundbreaking ibu kota negara (IKN) dilaksanakan akhir semester kedua tahun ini. Desain dasarnya ditargetkan selesai Juli 2020.

“Kita mulai sekitar akhir semester kedua, untuk sementara saya sebutkan Oktober,” ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis, 12 Maret 2020.

Danis menyebutkan saat ini belum ada alokasi anggaran pembangunan fisik IKN secara keseluruhan. Pembiayaan menunggu kepastian hukum lewat Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Baru yang akan diserahkan ke DPR dalam waktu dekat.

“Untuk tahap awal (groundbreaking) perlu uang muka mungkin Rp200-300 miliar,” kata dia.

<i>Groundbreaking</i> Ibu Kota Baru Dilaksanakan Oktober
Desain bertema ‘Nagara Rimba Rusa’ menjadi pemenang pertama sayembara desain ibu kota negara baru.

Kementerian PUPR sendiri fokus pada desain IKN. Sebelumnya, pemerintah mengadakan sayembara desain IKN. Tiga desain terbaik dikolaborasikan untuk finalisasi desain kawasan.

Konsep dasar urban design menggunakan usulan pemenang pertama. Sementara, pemenang kedua dan ketiga dapat memberikan masukan substansi desain.

“Jadi yang sedang kita lakukan adalah dari konsep menjadi desain dasar agar bisa diimplementasikan,” imbuh dia.

Rencananya, desain akan rampung Mei 2020 untuk ditunjukkan pada Presiden Joko Widodo. Setelah itu, desain dasar akhir selesai Juli 2020. (medcom)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.