Jokowi Segera Tunjuk Pengganti Puan dan Yasonna

by Muhammad Reza

Bogor: Presiden Joko Widodo segera mengangkat pelaksana tugas (plt) untuk menggantikan Puan Maharani dan Yasonna Laoly. Keduanya akan dilantik sebagai anggota DPR pada 1 Oktober 2019.

Presiden Joko Widodo.

“Nanti masih ada waktu 20 hari lagi. Kurang lebih sikap Pak Presiden mengangkat plt untuk beberapa jabatan menteri yang kosong, kan tidak banyak,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 20 September 2019.

Puan saat ini menduduki kursi menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan. Sedangkan Yasonna menjabat menteri hukum dan hak asasi manusia.

Puan lolos ke Senayan setelah memperoleh suara terbanyak di Daerah Pemilihan Jawa Tengah V dengan 420 ribu suara dalam Pileg 2019. Yasonna yang maju dari Dapil Sumatera Utara I memperoleh 124.848 suara.

Jokowi sebelumnya menunjuk Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menjadi pelaksana tugas (plt) menteri pemuda dan olahraga (menpora). Penunjukan Hanif ini menyusul pengunduran diri Imam Nahrawi sebagai menpora.

Imam meletakkan jabatan menpora akibat tersangkut kasus suap dan gratifikasi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Presiden memilih Hanif karena berasal dari partai yang sama dengan Imam, yakni PKB. (red/medcom)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.