Kasus Covid-19 Menurun, Masyarakat Diminta Jangan Terlena

Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

by Redaksi Kaltara

Indonesia berhasil menekan laju penularan covid-19. Kondisi baik tersebut diharapkan disikapi bijak oleh masyarakat.

“Menurunnya kasus yang ada di tempat kita bukan membuat kita menjadi terlena,” kata Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono, melalui konferensi televideo, Senin, 6 September 2021

Dante mengatakan Indonesia harus menjaga momentum penurunan kasus covid-19. Sebab, sejumlah negara tetangga tengah mengalami eskalasi kasus covid-19.

“Malaysia masih terjadi terus eskalasi, di Filipina dan Vietnam masih terus terjadi. Sedangkan, kita sudah mulai menurun,” ujar Dante.

Amerika Serikat, Inggris, dan Israel juga mengalami lonjakan kasus. Padahal, laju vaksinasi di ketiga negara itu cukup tinggi.

“Amerika Serikat angka vaksinasi yang sudah sedemikian baik hingga 52 persen, Inggris 63 persen, Israel 93 persen, tapi terjadi lagi kenaikan kasus tersebut,” ucap Dante.

Menurut Dante, kondisi itu terjadi karena masyarakat yang abai protokol kesehatan. Karena sudah divaksinasi dan dianggap bisa terhindar terpapar covid-19.

“Jadi vaksinasi bukan satu-satunya game changer, tetapi merupakan salah satu komponen yang penting untuk dilakukan, tetapi penting adalah menjaga protokol kesehatan masyarakat,” kata Dante. (medcom)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.