Peningkatan Potensi Unggulan Wilayah dengan Pemanfaatan Ekonomi Digital

by Redaksi Kaltara

TANJUNG SELOR, MK – Pemerintah Kabupaten Bulungan telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Tahun 2024. Forum ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Informasi yang media himpun, RKPD Pemkab Bulungan tahun depan mengusung tema Peningkatan dan Pemantapan Kualitas Potensi Unggulan Wilayah dengan Pemanfaatan Ekonomi Digital.

Bupati Bulungan, Syarwani mengatakan, Musrenbang ini telah berangkat dari proses penggalian usulan antar jenjang pemerintahan. Mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan sampai forum konsultasi publik dan forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Itulah yang ingin kita integrasikan dalam Forum Musrenbang ini,” kata Syarwani.

Usulan kategori bottom up dan top down sudah direkapitulasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda-Litbang) Bulungan. Syarwani menekankan agar tahap selanjutnya bisa benar benar matang, yakni pemetaan tindaklanjut usulan tersebut.

“Penekanannya bagaimana memetakan, mengkanalisasi apa saja usulan yang harus kita angkat sampai pemerintah pusat, mana yang harus disampaikan ke pemerintah provinsi,  dan mana yang domainnya di teman-teman pemerintahan desa,” jelasnya.

Lanjut dia, Pemkab Bulungan bisa memberi intervensi kepada pemerintah desa melalui Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan.  Hal ini disebabkan dasar hukum pelaksanaan ADD melalui peraturan bupati.

“Dari 15 program prioritas, salah satunya juga ada Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE) ke desa. Harapan kita tetap berjalan karena selaras dengan program prioritas daerah. Kepala desa diharap memberikan support dalam melakukan kegiatan desa berbasis lingkungan melalui transfer anggaran tersebut,” paparnya.

Secara umum, pembukaan Musrenbang kemarin diakui tidak terlalu banyak memunculkan dinamika. Kondisi ini dinilai baru terasa saat pembahasan lebih mendetail ke depan.(**)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.