Tinjau Calon SPN Kaltara, Kalemdiklat Polri Targetkan 2019 Siap Digunakan

by Muhammad Reza

Malinau, MK – Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Republik Indonesia (Kalemdiklat Polri) Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Drs. Unggung Cahyono mengunjungi Malinau pada Kamis (1/11).

Usai penyambutan dan ramah tamah, Kalemdiklat beserta rombongan langsung meninjau calon lokasi Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltara yang merupakan eks SMA Kebangsaan di Jalan Swadaya Kecamatan Malinau Barat.

Usai penyampaian paparan Bupati Malinau di Guest House Pemda Malinau, Kalemdiklat Polri menyampaikan beberapa hal terkait keberadaan SPN Polda Kaltara.

Mengawali sambutannya, Komjen. Pol. Drs. Unggung Cahyono mengucapkan terimakasih atas sambutan kedatangan yang Ia terima. Kedatangan yang kedua kalinya di wilayah Kaltara bertujuan untuk melihat secara dekat tempat yang akan digunakan untuk Sekolah Polisi Negara Kapolda Kalimantan utara.

ā€œSaya di Polri itu membawahi seluruh pendidikan di Polri yang pertama itu Sespimti, Sespimmen dan Sespimma yang kedua Akademi Kepolisian kemudian SDKPTIK dan saya juga selaku pembina teknis SPN seluruh Indonesia. Jadi apa yang dihibah dari bapak Bupati Malinau ini, tentunya yang pertama saya minta kepada Kapolda untuk operasional nanti kita usahakan. Yang kedua, saya minta kepada Pak Waka supaya disiapkan tenaga pendidik. Nanti mungkin saya akan mengirim anggota saya yang berada di LSP (Lembaga Sertifikasi dan Profesi Polri) untuk kita lakukan sertifikat kepada tenaga pendidik sehingga nanti dia bisa mendidik, mengajar dengan baik. Nanti akan kita kirim lembaga sertifikasi Profesi Polri untuk melaksanakan latihan yang disiniā€ ungkapnya.

Kemudian, Ia juga berpesan kepada jajaran Polres untuk membuat laporannya secara rinci yang kemudian diberikan kepada Polri untuk persiapan operasional SPN di Polda Kalimantan Utara.

ā€œUntuk Pak Kapolda, Insya Allah tahun depan kita sudah siap operasional maka untuk sekarang ini segera di tunjuk yaitu KSPNnya, perangkatnya nanti yang siap akan kita latih dan yang kita harapkan untuk tahun 2019 nanti SPN Polda Kalimantan Utara sudah bisa operasional. Nanti bulan Desember kita akan melaksanakan rapat sidang Lemdiklat akan kita bahas bersama dengan Kapolriā€ ungkapnya.

ā€œUntuk sekarang ini, SPN kurikulumnya kita bagi menjadi 2. Pertama, kurikulum secara umum. Kedua yaitu kita melatih dan mendidik Bintara perbatasan, yang mana ini dibagi menjadi 2 yaitu perbatasan perairan dan perbatasan darat. Untuk Malinau saya rasa yang cocok disini nanti yang akan kita dirikan SPN kurikulumnya yaitu Bintara perbatasanā€ ungkapnya. (Aan/Diskominfo)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: