Upaya Pencegahan Covid-19 di SMA Hangtuah

by kenneth Helmy Harahap

Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut, Lantamal XIII. Melakukan pemeriksaan suhu tubuh murid dan tenaga pengajar di lingkungan sekolah Yayasan Hang Tuah Tarakan, Sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona masuk ke sekolah.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap suhu tubuh murid di SMP Hang tuah Tarakan.  Para team Dinas kesehatan Angkatan Laut, Lantamal XIII,  melanjutkan pemeriksaan di SMA Hang tuah Tarakan, pada Kamis pagi 19 Maret 2020.

Team kesehatan yang terdiri dari dua dokter dan tiga tenaga perawat,  memeriksa seluruh siswa-siswi kelas 10 dan 11 SMA Htuah dengan menggunakan thermo gun.

pemeriksaan suhu tubuh siswi SMAHang tuah Tarakan menggunakan Thermo gun

Setelah melakukan pemeriksaan,  Kasubbid Diskesla, Dinas kesehatan Lantamal XIII, Mayor Indri (sapaan akrab) Mayor laut (K) drg Indri Budhi Raharjo, Sp.Perio. Mengungkapkan rasa syukurnya,  karena secara umum suhu tubuh anak didik, tenaga pengajar dan staff masih dalam kisaran normal. Walaupun ada dua orang murid yang memiliki suhu tubuh 37,8.

“ Alhamdulillah, setelah melakukan pemeriksaan terhadap murid dan tenaga pengajar. Secara umum hasilnya bagus. Walaupun ada dua orang siswi yang suhu tubuhnya 37,8. Namun itu masih dalam kisaran wajar. Karena tidak ada keluhan sesak nafas dari siswi tersebut”. Ujar Mayor Indri.

Mayor indri menyarankan agar siswi yang memiliki suhu tubuh 37,8 ini beristirahat dirumah saja dan selalu menggunakan masker serta segera memeriksakan diri ke unit kesehatan atau rumah sakit.

“ Untuk siswi yang suhu tubuhnya 37,8, tadi sudah saya sarankan agar menggunakan masker. Dan segera memeriksakan diri ke Rumah Sakit selanjutnya beristirahat dirumah”. Tambahnya.

Sementara itu,  kepala bidang pendidikan Yayasan Hang tuah Tarakan. Letda Laut (KH) Satriawan, menuturkan. Kegiatan ini sebagai pemeriksaan dan pencegahan dini terhadap siswa siswi Hang tuah, dari virus Corona atas perntah komandan Lantamal XIII.

Yayasan Hang tuah Tarakan mengagendakan akan  melakukan penyemprotan disinfektan disekeliling areal sekolah yang ada dibawah Yayasan Hang tuah Tarakan pada Minggu, 22 Maret 2020 mendatang.

“ Kegiatan ini dilakukan, sesuai dengan instruksi DanLantamal XIII. Sebagai upaya pencegahan dini penyebaran virus Corona dilingkungan sekolah. Dan kedepannya, pada hari minggu 22 Maret, akan dilakukan penyemprotan disinfektan diseluruh areal sekolah yang berada dibawah Yayasan Hang tuah”. Ujar Letda Satriawan.

“ Harapan saya, dengan dilakukannya semua rangkaian kegiatan ini, SMA Hang tuah Tarakan dapat menjadi contoh di dunia pendidikan yang ada dikota Tarakan dalam mengatasi pencegahan dini virus Corona” Tutupnya. (Ken)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: