603,78 Gram Sabu di Blender

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK – Delapan orang tersangka kasus peredaran narkoba di giring personel Ditresnarkoba Polda Kaltara untuk menyaksikan barang bukti miliknya di musnahkan. Delapan tersangka sebelumnya diamankan oleh Jajaran Ditresnakoba Polda Kaltara  pada Desember 2019 hingga Februari 2020, dimana salah satu diantaranya merupakan seorang wanita.

PS Kanit 1 Ditresnarkoba Polda Kaltara AKP Hasan Setiabudi mengatakan, dari delapan tersanga, rata-rata sebagai kuri dan pengedar. Adapun barang bukti 603,78 gram sabu di suplay dari Tawau Malaysia. Diakui, pihaknya terkendala untuk melakukan pengembangan karena kurir maupun para bandar sabu tinggal di malaysia.

“Sabu semua rata-rata dari Tawau untuk wilayah Kaltim-Kaltara, Tawau sendiri hanya sebagai tempat singga ya karena asalnya dari China,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Jumat (28/2).

Ia mengaku telah berkoordinasi ke Konsulat Jenderal Malayasia di Pontianak dengan mengirimkan identitas para kurir mapun bandar sabu yang menjadi daftar pencarian orang (DPO) untuk bisa di tindaklanjuti.

 “Untuk kurir tetap kita lakukan pengembangan untuk menangkap bandarnya Cuma kan mereka ini domisilinya di Malaysia, langkah-langkahnya paling kita kirimkan surat ke Konsulat Jenderal Malaysia di Pontianak terkait yang DPO,” terangnya.

Sementara itu, salah satu tersangka bernama Hermawati alias Ati saat di wawancara mengaku datang ke Kalimantan Utara untuk jalan-jalan bersama temannya Nasri yang turut diamankan Ditresnarkoba Polda Kaltara. Wanita asal Kabupaten Berau (Kaltim) ini diamankan lantaran kedapatan membawa sabu sebanyak 8,56 gram.

“Cuma datang jalan-jalan, untuk upah nelum saya terima,” akunya.

Untuk barang bukti sabu yang di musnahkan dilakukan dengan cara di masukkan kedalam Mixer lalu di Blender kemudian dimasukkan ke dalam ember berisi air selanjutnya di buang ke dalam closed.

Akibat perbuatannya, para tersangka di jerat pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 juncto pasal 132 ayat 1 undang-undang ri nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun atau hukuman mati. (as)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: