Apresiasi Masyarakat Terhadap Kegiatan TMMD di Tarakan

Jumat, Juli 7th 2017. | Headline, Uncategorized

Tarakan, MK – Hadirnya kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kota Paguntaka sebutan Tarakan sangat membantu masyarakat. Pasalnya kegiatan yang melibatkan TNI/ Polri lebih bersifat bakti sosial dalam membangun masyarakat di Pedesaan.

“Alhamdulillah kami sangat berterimah kasih dengan adanya TMMD ini, sangat membantu warga didaerah pesisir ini, khususnya di RT 25 dan 30,” ujar Hamka, Ketua Karang Taruna Kelurahan Karang Anyar Pantai kepada Metro Kaltara, Jumat (07/07)

Menurut Hamka, dengan adanya perbaikan jembatan yang dikerjakan anggota TNI/ Polri, warga setempat bisa merasa aman melewati jembatan tersebut. Disamping itu, tidak ada lagi warga yang kecelakaan saat melintas di  jembatan yang dulunya dibuat dari hasil swadaya masyarakat.

“Setidaknya bisa membantu warga disini, kalau keseluruhan RT 25 dan 40 ada 1500 warga disini. Kami sering mengajukan proposal pada saat Musrembang, sudah tiga tahun berturut kami memasukkan tapi kenyataannya belum ada respon” tuturnys

“Sering ada kecelakaan, sementara ngangkat hasil laut mereka, ada yang tiba-tiba jatuh. Kalau korban, alhamdulillah belum ada sih cuma jatuh terperosot. Ini dibangun dari swadaya masyarakat juga karena mereka mengambil kayu gunung dilokasi pertambakan,” sambung Hamka

Hal senada juga disampaikan Arifin Suparman, selaku tokoh masyarakat di Kampung Makmur RT 14 Kelurahan Juwata laut yang mengaku sangat berterimah kasih kepada Para TNI/ Polri yang telah memberi perhatian khusus dengan adanya penimbunan pembuatan jalan dan pemasangan sIring.

“Jadi pembangunan jalan sepanjang 200 meter kita sangat syukuri daripada tidak ada sama sekali. Sekitar 300 KK dalam satu RT. Dari tahun 2010 saya sudah mengajukan proposal kepada Bapak walikota, dinas PU bahkan satu tahun yang lalu sudah langsung ke datang kesini namun demikian karena keterbatasan uang di Kaltara  sampai hari ini belum ada realisasi” ungkapnya

Sementara, Komandan Kodim (Dandim) 0907 Tarakan Letnan Kolonel (Letkol) Pujud Sudarmanto menjelaskan penunjukan lokasi TMMD merupakan hasil koordinasi Lurah, Camad, Babinsa, dan Danramil setempat. Selain itu, untuk penganggarannya pihaknya juga berkoordinasi dengan PU.

“Jadi bukan kami yang pili-pilih, kemudian anggaran ini sudah kita koordinaskikan dengan PU, PU yang membuat drafnya sehingga kami hanya jasanya, artinya kita bekerja PU yang menyiapkan drafnya sehingga murni TNI hanya tenaganya saja” jelasnya

Ia berharap kegiatan TMMD ini dapat membantu masyarakat dalam berkativitas dan bisa memamfaatkan infrastruktur yang telah disediakan anggota TNI/ Polri  “Misalnya di Juwata Laut, kalau tadinya lewat sungai, kalau hujan kaya tadi kan ngga bisa lewat dia. Nah itu salah satunya kita membuat jalan atau siring disitu sehingga dia bisa lewat darat” harapnya. (ars)

 

tags: , ,

Related For Apresiasi Masyarakat Terhadap Kegiatan TMMD di Tarakan