Bupati Tutup Kegiatan Bulan Bakti RT Bersih Tahun 2020

by Redaksi Kaltara
Malinau- Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si menutup secara resmi kegiatan Bulan Bakti RT Bersih Tahun 2020 di halaman Kantor Bupati Malinau, pada Jum’at (14/08).
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Padan Impung S.Pd, MM melaporkan bahwa peserta yang hadir pada kegiatan ini berjumlah 940 orang. Dengan pembiayaan kegiatan bersumber dari APBD Kabupaten Malinau.
Pada acara Bulan Bakti RT Bersih ini ada beberapa acara yang dilaksanakan bersamaan, diantaranya pertama penganugerahan tanda penghormatan Satya Lencana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun, kedua penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Pola Hidup Sehat, Aman dan Produktif, ketiga penyerahan Peta Batas Desa se-Kecamatan Bahau Hulu dan Desa Longnyo Kecamatan Sungai Tubu, kempat penyerahan Alat Mesin Pertanian Kepada Kelompok Tani.
Pelaksanaan Bulan Bakti RT Bersih Tahun 2020 ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana pelaksanaannya menggunakan penerapan tatanan pola hidup baru di masa pandemi Covid-19.
“Namun hal tersebut tidak mengurangi semangat dan gairah masyarakat Kabupaten Malinau dalam melaksanakan Bulan Bakti RT Bersih tahun ini sesuai dengan protokol kesehatan,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si mengucapkan selamat kepada semua yang telah mendapatkan penghargaan mulai dari ASN yang telah menerima Satya Lencana atas pengabdiannya, kemudian para Ketua RT yang memenangkan Lomba Pola Hidup Sehat, Aman, Produktif serta yang telah menerima alat bantu pertanian.
“Harapan kita kejuaraan ini tidak hanya berhenti ketika saudara diakui sebagai pemenang, tetapi yang paling utama adalah saudara sadar bahwa tanggung jawab saudara masih panjang. Buktikan semua itu dengan tindakan nyata,” ucapnya.
Bulan Bakti RT Bersih tahun ini yang merupakan tahun terakhir kepemimpinannya sebagai Bupati Malinau, Dr. Yansen meyakini bahwa semua telah melakukan yang terbaik. Semua telah memberikan tenaga, pikiran, dana, hingga waktu untuk sebuah perjalanan panjang hingga sampai hari ini.
“Karena itu hikmah dari Bulan Bakti ini bukan sekedar kita telah melintasi waktu, tetapi kita sudah mewujudkan satu harapan kita yaitu kemandirian perilaku RT Bersih, perilaku yang rapi, tertib, bersih, sehat, indah dan harmonis. Ini yang harus menjadi komitmen kita,” ujarnya.
“Hari ini dan kedepan mari kita semua menjadi yang terbaik dalam mewujudkan Malinau yang maju dan sejahtera sebagai wujud sikap kita membangun bangsa dan negara di Kabupaten Malinau,” imbuhnya.
Melalui kegiatan ini pula Dr. Yansen berharap kepada semua pihak mulai dari para pejabat hingga sampai Ketua RT untuk dapat menjalankan peraturan penyelenggaraan pemerintah desa dan juga peraturan daerah tentang RT, serta kemandirian dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk kepentingan rakyat. Mandiri dalam perilaku-perilaku yang rapi, tertib, bersih, sehat, indah dan harmonis.
“Inilah yang ingin saya letakkan di hati dan sanubari kita semua. Kita adalah masyarakat Malinau yang terbaik. Letakkan tanggung jawab Malinau itu di hatimu, di pikiranmu. Jadikan itu tindakan nyata mengubah lingkunganmu, mengubah daerahmu menjadi maju dan sejahtera,” ungkapnya.
“Kata boleh 1.000, tetapi 1 tindakan dapat mengubah masa depan. Marilah kita mengubah masa depan dengan tindakan nyata hari ini. Mari kita berkomitmen, bertekad wujudkan Malinau dengan masa depan yang cerah bagi generasi penerus bangsa kita,” tuturnya. (red/ian)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: