Gubernur Dukung Pencanangan Mara Satu Sebagai Desa Wisata

by Redaksi Kaltara

TANJUNG SELOR, MK – Keinginan Pemerintah Desa Mara Satu Kecamatan Tanjung Palas Barat Kabupaten Bulungan untuk menjadi salah satu desa wisata di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendapat persetujuan dari Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang.

“Kita (Pemprov) mendukung Desa Mara Satu ini ditingkatkan jadi desa wisata, karena desa ini memang punya potensi yang cukup memungkinkan,” kata gubernur dalam acara Syukuran Selesai Panen di Desa Mara Satu, Sabtu (8/5).

Menurut kacamata Zainal, kekayaan budaya yang dimiliki Desa Mara Satu mempunyai daya tarik wisatawan.

Sebab Mara Satu merupakan salah satu ikon kultural masyarakat Dayak Kenyah Lepu Tau. Belum lagi bentang alam yang indah serta potensi wisata lainnya.

“Di sini juga ada goa dan air terjun. Artinya banyak potensi yang bisa dimaksimalkan,” sebutnya.

Di tengah keterbatasan fiskal daerah akibat pandemi COVID-19, Pemprov Kaltara kata Gubernur, siap membantu Pemkab Bulungan dalam merealisasikan keinginan Pemdes Mara Satu tersebut.

“Untuk infrastrukutur akan kita bantu bupati,” tegas dia.

Sementara itu, Bupati Bulungan, Syarwani mengapresiasi dukungan Pemprov Kaltara dalam mengembangkan potensi pariwisata di Bumi Tenguyun.

Menurut Syarwani, sektor tematik pembangunan dapat menjadi pengungkit utama dalam upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

“Kita menyambut baik niat pak gubernur yang ingin menjadikan Desa Mara Satu ini sebagai desa wisata yang ada di Kabupaten Bulungan,” katanya.

Mantan anggota DPRD Kaltara itu menuturkan, secara birokrasi penetapan Mara Satu sebagai desa wisata bakal di proses oleh Pemda.

“Saya sebagai kepala daerah mendukung sepenuhnya. Penetapan yang disampaikan dari kepala desa nantinya akan berjenjang sampai ke tingkat kabupaten untuk kita tetapkan Desa Mara Satu ini sebagai desa wisata,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk memudahkan aktivitas pariwisata, peningkatan kualitas sarana dan prasarana tentu menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan.

“Untuk bisa memaksimalkan serta mengoptimalkan desa wisata ini, nantinya akses menjadi bagian yang tak kalah penting. Alhamdulillah tadi pak gubernur juga siap membantu kita,” pungkasnya. (sur/dkispkaltara)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: