Mau Tangkap Ikan, Kapal Filipina Duluan Kepergok KRI

Sabtu, Juni 11th 2016. | Hukum & Kriminal, Kaltara, Tarakan
Satu kapal Filipina lagi yang berhasil diamankan Lantamal XIII Kota Tarakan

Satu kapal Filipina lagi yang berhasil diamankan Lantamal XIII Kota Tarakan

Tarakan, MK – Kapal asal Filipina kembali ditangkap aparat Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIII Tarakan di Laut Sulawesi lantaran ingin melakukan illegal fishing atau pencurian ikan di perairan ZTE Indonesia (20/05) lalu.  Kapal Filipina itu memuat sembilan anak buah kapal dan satu nahkoda.

“Petugas kita kembali mengamankan kapal Filipina jenis Pamboat  FB-R2, mereka ditangkap oleh Kapal KRI Kakap Nomor Lambung 811 di Laut Sulawesi wilayah perairan ZTE Indonesia,” ujar   Asops Lantamal XIII Kolonel Laut (P) Djamaluddin Malik kepada Metro Kaltara, Jumat (10/06).

Menurutnya, kapal tersebut ditemukan saat hendak melakukan penangkapan ikan. “Jadi belum ada ikan-ikanya dan surat resminya tidak ada sama sekali,” bebernya.

Kolonel Djamaluddin mengungkapkan setelah ditangkap, pihaknya kemudian membawa kapal tersebut menuju Tarakan untuk dilakukan pemeriksaan. “Lama perjalan itu 3 hari ke dermaga Lantamal XIII Tarakan,” imbuhnya.

Bahkan berkas penangkapannya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan dengan barang bukti satu buah kapal dan 10 anak buah kapal. Untuk tersangka hanya satu yaitu nahkoda kapal berinisial JS. (aras/MK*1)

 

tags: ,

Related For Mau Tangkap Ikan, Kapal Filipina Duluan Kepergok KRI