Keluarga Pondasi Utama Wujudkan Generasi Sehat

by Redaksi Kaltara

Bulungan, MK – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bulungan menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 13 tahun 2024 dirangkai dengan Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Aula Rumah Jabatan Bupati pada Senin (8/7). Orientasi berisi peningkatan pelayanan dan pengukuran untuk pencegahan stunting.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Jamal, SH, M.Si didampingi Ketua TP PKk Kabupaten Bulungan, Sri Nurhandayani Syarwani menjelaskan, peringatan Harganas merupakan momen penting untuk mengingatkan peran dan fungsi keluarga sbagai pondasi utama dalam menciptakan generasi sehat, cerdas dan berkarakter. Keluarga adalah lingkungan pertama dan utama bagi anak sehingga kualitas keluarga sangat menentukan kualitas generasi mendatang.

Salah satu tantangan yang dihadapi saat ini berupa masalah stunting pada anak. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan anak.

Stunting tidak hanya berdampak pada pertumbuhan fisik anak, tetapi juga perkembangan kognitif dan kemampuan belajar anak di masa depan.

Dalam upaya mencegah stunting, peran calon pengantin sangatlah penting. Kesehatan dan gizi yang baik sejak masa pranikah adalah langkah awal yang krusial.

Maka melalui kegiatan orientasi, diharapkan semakin meningkatkan kompetensi TPK dalam memberikan pelayanan dan pengukuran dengan sasaran calon pengantin maupun pasangan baru, sebagai upaya pencegahan stunting dan keluarga beresiko stunting.

Para calon pengantin juga diharapkan dapat semakin memahami pentingnya persiapan kesehatan sebelum menikah dan selama kehamilan. termasuk pola makan yang sehat dan pemeriksaan kesehatan rutin. Serta pentingnya menjaga kesehatan sejak dini untuk mencegah stunting pada anak-anak mereka kelak.(**)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.