Komisi II DPR RI Pastikan Pembuatan e-KTP di Daerah Berjalan Lancar

by Muhammad Aras

Rapat kerja Komisi II DPR RI membahas tengang permasalahan pembuatan e-KTP, Kamis (23/11)

Jakarta, MK – Komisi II DPR RI menjamin pembuatan e-KTP akan berjalan lancar. Hal ini disampaikan Hetifah, Anggota Komisi II DPR pada Rapat Kerja dengan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kamis (23/11). Menurutnya Kemedagri telah mengupayakan pemenuhan blangko e-KTP diberbagai daerah.

ā€œUntuk di Kabupaten Kubar saya berterima kasih Dirjen Dukcapil sudah memenuhi aspirasi yang kita sampaikan. Kini mereka sudah bisa merekam e-KTP. Hanya saja pak, kami masih kekurangan 10.000 blangko untuk di Kubar. Mohon untuk segera dikirim pakā€, kata Hetifah kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri dalam forum Rapat Kerja.

Selain itu, Hetifah juga menyampaikan ada beberapa alat perekaman yang rusak sehingga memperlambat proses perekaman. Hal ini banyak dikeluhkan kepala-kepala daerah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Menanggapi hal tersebut, Zudan Arif Fakhrullah, Dirjen Dukcapil mengakui bahwa kerusakan alat perekam sering kali menghambat proses perekaman e-KTP. Ia meminta kesediaan Pemerintah Daerah untuk membantu membeli alat tersebut.

ā€œIni jika Pemda berkenan, bisa menggunakan anggaran DAK Fisik untuk membantu membeli alatā€, kata Zudan.

Zudan menambahkan bahwa hingga saat ini, data wajib KTP di Indonesia ada sebanyak 189.630.855. dari jumlah itu, yang sudah merekam ada sebanyak 178.580.721. Jadi, pencapaian perekaman e-KTP sudah 96,4 persen. Untuk pengadaan blangko, Zudan menerangkan pengadaan di tahun 2017 sebanyak 25,9 juta. Sedangkan untuk tahun 2018 akan diadakan 16 juta keping blangko melalui mekanisme e-catalog. Dengan jumlah itu, dipastikan pada 2018 seluruh penduduk sudah menggunakan e-KTP.

Berkenaan dengan kesulitan-kesulitan warga Kaltim-Kaltara dalam melakukan perekaman e-KTP, Hetifah akan bekerja sama dengan Dirjen Dukcapil untuk membuka stan-stan perekaman di Dapil.

ā€œUntuk di Kaltim dan Kaltara, saya akan mengupayakan dan bekerja sama dengan Dirjen Dukcapil untuk melayani perekaman dan pencetakan e-KTP. Tadi Pak Dirjen juga sudah menawari. Ini agar memudahkan masyarakatā€, kata Hetifah. (ars)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: