Pemohon Kaltara Cerdas 2020 Melebihi Kuota

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK – Di tenggat akhir pendaftaran atau penyerahan berkas secara online program bantuan beasiswa Kaltara Cerdas 2020 pada 6 Desember lalu, jumlah pemohon yang telah mengunggah berkasnya pada laman resmi Kaltara Cerdas sebanyak 8.878 orang (hingga pukul 01.00 Wita).

Jumlah pemohon ini melebihi kuota penerima yang disediakan, yakni 8.162 orang. “Dalam kondisi ini, saya berharap tim verifikator dapat benar-benar menyeleksi calon penerima bantuan beasiswa sesuai ketentuan yang ditetapkan,” kata Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie, Selasa (8/12).

Proses verifikasi dilakukan mulai 7 hingga 14 Desember 2020. “Untuk penetapan penerima beasiswa dilakukan pada 14 Desember mendatang. Sisa waktu di Desember akan digunakan untuk menyalurkan beasiswa ke rekening penerima,” tutur Gubernur.

Dalam proses verifikasi, tim yang terlibat berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara. Tim ini dibagi berdasarkan jenis beasiswa dan tingkat pendidikan. “Untuk penetapan penerima, penilaian untuk beasiswa prestasi ditinjau dari jumlah indeks prestasi dan akreditasi kampus. Untuk beasiswa tidak mampu, diupayakan diakomodir sesuai kuota yang ada tapi harus lengkap dokumennya. Seperti SKTM, serta melihat nilai indeks keluarga dari yang tertinggi hingga terendah. Dan, ada lagi ketentuan lainnya yang digunakan pelaksana program ini (Disdikbud Kaltara, Red.),” jelas Irianto.

Gubernur juga menjelaskan bahwa besaran nominal bantuan beasiswa tahun ini memang lebih kecil dari sebelumnya. “Ini dampak pandemi, dalam artian adanya refocusing dan realokasi anggaran. Namun, Pemprov Kaltara tetap berupaya menyalurkan bantuan beasiswa ini,” tutup Gubernur.(humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: